Dikbud Halsel Sosialisasi Dana BOS dan Launching E-RKAS

  • Bagikan
Kepala Dikbud Halsel, Nurlela Muhammad saat menyampaikan materi Dana BOS (Foto : Humas)

LABUHA – Pemerintah Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) pada awal 2019 menggelar sosialisasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Rapat Kerja. Kegiatan Sosisalisasi  sekaligus dirangkaikan Launching Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (E-RKAS) tahun 2019 yang dibuka langsung oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba, di aula Kantor Bupati, Rabu (2/1/2019).

Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyampaikan kepada para kepala sekolah dan bendahara agar mampu membina masyarakat melalui dunia pendidikan.

“Sebagai pimpinan sekolah tentunya harus mampu mencerdaskan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan,” tutur Bahrain dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Halsel ini, juga mengatakan perlunya ketulusan dan keikhlasan hati, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta dapat berkomitmen dalam membangun sistem yang sesuai dengan ketentuan negara melalui dana BOS.

“Saya sebagai kepala daerah berharap para Kepsek dapat bekerja dengan rasa penuh tanggungjawab, sehingga generasi Halsel bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu untuk masa depannya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dikbud Halsel Nurlela Muhammad mengaku terkait kondisi pendidikan di Halsel, yakni jenjang Sekolah Dasar (SD) berjumlah 288 yang terdiri dari 264 SD Negeri dan 24 SD Swasta, sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 114 sekolah yang terdiri dari 72 SMP Negeri dan 42 SMP Swasta. Saat ini jumlah keseluruhan siswa SD sebanyak 36.333 dan SMP sebanyak 12.641 siswa.

“Adapun untuk persiapan ujian nasional tahun anggaran 2019-2020, peserta ujian untuk SD sebanyak 6.663 dan SMP sebanyak 4.236,” jelas Kadis Dikbud.

Kadikbud juga menambahkan, di tahun 2018 pihaknya telah menyelesaikan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan sekolah dan rehabilisasi maupun kegiatan melalui bantuan sosial yaitu rehabilisasi dan pembangunan ruang baru. Selain itu, kata Kadikbud, E-RKAS ini juga merupakan program BOS yang secara online dilaporkan langsung ke pusat.

Dalam kesempatan itu, Kadikbud berharap tidak ada lagi masalah dalam dunia pendidikan khususnya terkait dana BOS di Kabupaten Halsel.

“BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembinaan pendidikan yang bermutu dalam rangka wajib belajar 9 tahun,” pungkas Kadikbud.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Fatma Usman Syah, Kabag Humas dan Protokoler Mujiburrahman, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkup Dikbud serta Peserta Sosialisasi yang terdiri dari Kepala UPTD, Kepala Sekolah dan Bendahara BOS Se-Kabupaten Halsel. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut