Kades Tidak Transparan Soal Anggaran, Masyarakat Palang Kantor Desa Ngofakiaha

  • Bagikan
Kantor Desa Ngofakiaha dipalang warga

TOBELO – Puluhan masyarakat Desa Ngofakiaha Kecamatan Malifut menggelar aksi sekaligus memalang kantor Desa Ngofakiaha sejak Kamis (3/1) hingga kini. Pemalangan kantor dipicu akibat Kades Fahri Yamin tidak transparan untuk melakukan rapat pertanggung jawaban penggunaan ADD dan DD tahun 2018.

Masyarakat meminta Kades agar melaksanakan rapat umum mempetanggung jawabkan penggunaan anggaran  ADD/DD tahun 2018 pada pencairan tahap satu 20 persen tahap dua 40 persen dan tahap tiga 40 persen.

Bendahara Desa Ngofakiaha, Darmi mengatakan penggunaan anggaran tahap satu dan dua  sudah dibuatkan laporan pertanggungjawaban. Sedangkan penggunaan anggaran tahap tiga, akan dibuatkan laporan pertanggung jawabkan oleh Kades karena anggarannya diambil alih semua oleh Kades.

“Untuk pencairan tahap tiga sudah diambil ahli oleh kepala desa dan tidak diberikan  kepada saya dengan alasan bahwa mau dibayarkan utang desa. Jadi untuk pencairan tahap tiga belum ada pertanggungjawaban,” kata Darmin, Senin (7/1/2019).

Desa Ngofakiaha yang dipalang oleh masyarakat

Sementara itu, Ketua BPD Desa Ngofakiaha Sailan Ibrahim mengatakan keluhan masyarakat ini akan ditinjaklanjuti karena selama ini Kades tidak pernah melaksanakan rapat dengan masyarakat terkait penggunaan anggaran ADD dan DD.

“Rencana hari ini BPD akan membuat surat undangan rapat  ke Kepala Desa, sehingga Kepala Desa bisa menyampikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat,” tuturnya.

Terpisa Kades Ngofakiaha, Fahri Yamin pada saat dikonfirmasi dirinya mengatakan penyebab aksi pemalangan Kantor Desa oleh masyarakat karena dirinya melakukan pemecatan kepada bendahara desa dan 2 staf desa.

“Aksi pemalangan kantor desa karena saya sendiri yang melakukan pemecatan kepada bendahara desa dan 2 staf desa yang dimana bendahara desa melakukan pemotongan tunjangan staf desa selama 11 bulan sehingga saya mengambil sikap tegas dengan cara melakukan pemecatan,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut