Bea Cukai Ternate Terapkan Sistem Pengiriman Dokumen Ekspor Impor Secara Online

  • Bagikan
Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai Ternate, Eko Budiyanto (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Dalam rangka merespons tuntutan Industri, Bea cukai Ternate menerapkan pengiriman dokumen ekspor, Impor dan manifes dengan sistem online. Sistem ini diterapkan secara menyeluruh oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI terhitung sejak 1 Januari 2019.

Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai Ternate, Eko Budiyanto mengaku meski penerapannya baru dilakukan awal tahun ini, namun Bea Cukai Ternate sudah melakukan sistem pengiriman dokumen ekspor import ini lebih awal yakni pada tahun 2017 lalu. Program sitem online atau smart Customs And Excise System ini bertujuan untuk mempermudah pengguna jasa dalam melakukan proses bisnis yang cepat, mudah, aman, efisien dan bebas pungli.

menjelaskan bahwa penerapan sistem pengiriman dokumen ekspor import secara online ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bea Cukai dalam mempermudah pengguna jasa dalam berbisnis.

“Ini tentunya sangat membantu para pengguna jasa atau pelaku usaha dalam berbisnis. Jadi mereka nantinya sudah tidak perlu repot datang ke kantor Bea Cukai, hanya menggunakan akses internet sudah bisa terkoneksi dengan kami dan dokumen siap diterima oleh Bea cukai,” ungkap Eko saat ditemui KabarMalut, Selasa (8/1/2019).

Eko mengatakan, untuk tahun 2018 sudah ada 26 dokumen untuk ekspor import yang dilakukan oleh Bea cukai Ternate. Hanya saja Eko mengaku untuk sistem online ini, masih terkendala dengan koneksi jaringan internet di wilayah Maluku Utara yang sering mengalami masalah.

“Untuk itu saat ini Bea Cukai menggunakan satelit visat untuk kelancaran program online ini,” jelasnya.

Eko berharap dengan adanya sistem online ini, pengguna jasa bisa merasa termudahkan dalam berbisnis dan mekanisme sistem online yang sudah berjalan tetap berlanjut, serta  kendala jaringan atau koneksi internet di Maluku Utara bisa normal kembali sehingga kebutuhan untuk pelayanan dan kebapeanan dari Bea Cukai bisa berjalan dengan baik. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut