BPMD Haltim Gelar Sidang Sengketa Pilkades

  • Bagikan
Suasana di ruang sidang terkait sengketa hasil Pilkades (Foto: Hasan/KabarMalut)

MABA – Proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Halmahera Timur (Haltim) telah usai. Sebanyak 62 desa yang melaksanakan Pilkades, tercatat 12 desa yang mengajukan sengketa hasil Pilkades dan kini telah disidangkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Haltim, Badlan Uwat mengatakan mulai hari ini pihaknya memanggil 12 desa yang bersengketa tersebut untuk mendengarkan tanggapan dan sanggahan terkait dengan laporan yang  diterima.

“Saat ini kami melakukan sidang untuk mendengarkan tanggapan dan sanggahan dari kedua belah pihak Penggugat dan Tergugat. Terkait dengan pelanggaran pada saat proses pemungutan suara Pilkades yang digelar pada hari Kamis 20 desember lalu,” kata Badlan kepada wartawan, Rabu (9/1/2019).

Dari ke 12 desa tersebut, salah satunya adalah desa Gaifoli Kecamatan Maba Tengah, penggugat dalam hal ini sebagai pelapor hadir untuk memaparkan temuan pada saat perhitungan dan tergugat sebagai terlapor membenarkan atas laporan tersebut. Dihadapan penggugat dan tergugat, Badlan membacakan materi gugatan yang dimasukkan oleh penggugat.

“Akan tetapi dari hasil gugatan tersebut masih terdapat banyak kekurangan serta bukti-bukti yang dilaporkan belum cukup kuat. Dan sanggahan dari tergugat terkait dengan materi gugatan yang dibacakan juga belum cukup untuk dijadikan acuan dalam menyelesaikan proses sengketa ini,” jelasnya.

Dengan demikian penggugat diminta untuk melengkapi dokumen gugatan dan tergugat diminta untuk membuat sanggahan atau jawaban dalam bentuk tulisan serta melengkapi dokumen yang diadukan tersebut. Oleh karena itu sidang akan dilanjutkan pada hari Jumat (11/1) mendatang.

“Harapnya untuk mempercepat proses perselisihan ini. Diharapkan agar segera melengkapi dokumen yang kami minta, serta menjaga keharmonisasian penggugat dan tergugat agar tidak memprofokasi masyarakat, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut