Dukcapil Halsel Serahkan 40 e-KTP Warga Binaan Rutan Labuha

Redaksi
Sekertaris Dukcapil Halsel, Mahmud Samiun (Kanan) saat memberikan e-KTP kepada Kepala Rutan Labuha, Sudarso (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUAH – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), menyerahkan 40 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) kepada warga binaan Rutan Labuha. Penyerahan e-KTP secara simbolis oleh Sekertaris Dukcapil Halsel Mahmud Samiun kepada Kepala Rutan Labuha, Sudarsono, berlangsung di Rutan Labuha, Rabu (9/1/2019) .

Pembagian e-KTP tersebut sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, kegiatan ini juga untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Sekertaris Dukcapil Halsel, Mahmud Samiun berujar e-KTP yang diserahkan adalah hasil perekaman yang dilaksanakan secara serentak sesuai arahan Dirjen Dukcapil. Dimana Dukcapil Halsel telah tiga kali melakukan pelayanan perekaman e-KTP  terhadap warga binaan Rutan Labuha, yakni awal dan akhir tahun 2017 dan akhir tahun 2018.

“Ada sebanyak 121 jiwa yang berada di Rutan Labuha, yang terekam dan tercetak berjumlah 40 jiwa, sisanya sudah memiliki e-KTP, karena data yang diperoleh oleh Dukcapil Halsel warga binaan Rutan Labuha ini ada yang berdomisili dari luar daerah Kabupaten Halmahera Selatan, dan ada juga yang sudah memiliki e-KTP,” tutur Mahmud.

Mahmud mengaku dalam pelayanan perekaman , sempat menghadapi kendala jaringan, sehingga proses perekaman berjalan menggunakan mobile. Namun Dukcapil terus megupayakan semaksimalkan mungkin, sehingga pelayanan tetap berlangsung dan saat ini e-KTP untuk warga Binaan Cabang Rutan Labuha sudah bisa diterima.

“Ini dilakukan agar hak konstitusi mereka yang ada di Rutan Labuha juga tidak bisa terabaikan pada 17 April 2019, untuk pemilihan Pilpres mendatang. Selain itu sebagai Warga Negera Indonesia harus wajib memiliki e-KTP.” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Labuha, Sudarsono berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Halsel yang dalam hal ini Dukcapil yang telah ikut memperhatikan para warga binaan di Rutan Labuha dengan memberikan e-KTP.

“Dengan diterimanya e-KTP ini warga binaan juga dapat menyalurkan hak pilihnya di Pemilu nanti. Mereka juga berhak memilih calon yang diinginkannya,” pungkas Sudarson. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut