Harga Sejumlah Komoditi Perkebunan Turun

  • Bagikan
Hasil komoditi Pala dan Cengkeh (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Beberapa hasil komoditas unggulan Maluku Utara (Malut) kini mengalami penurunan harga sejak beberapa hari terakhir.

Data yang dihimpun KabarMalut, Jumat (11/1/2019),  beberap toko di kawasan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah yang membeli hasil komoditi seperti kopra, Fuli, Pala dan Cengkeh mengalami penurunan harga.

Pemilik Toko Andika mengaku khusus komoditi berupa pala, fuli, kopra dan cengkeh harganya turun, seperti Pala yang sebelumnya dibeli Rp 70.000 per kilo, kini turun menjadi Rp 65.000 per kilo, fuli Rp 175.000 kini turun menjadi Rp 170.000 per kilogram.

“Sementara harga Kopra untuk kopra gudang biasanya Rp 4.700 per kilogram dan kopra harian Rp 3.900 per kilo, sekarang kami beli Rp 4.600 per kilo untuk kopra gudang dan Rp 3.800 bagi kopra haria,” kata Andhika.

Hal senada juga disampaikan oleh Fandi, pemilik Toko Multi Mas yang membeli komoditi perkembunan di sekitar Kelurahan Maliaro. Fandi menyebutkan bahwa, sudah beberapa hari ini harga komoditi kopra, pala,fuli dan cengkeh turun harga.

“Saat ini harga Kopra, Pala, Fuli dan Cengkeh memang mengalami penurunan sejak beberapa hari lalu, dan saya tidak tahu alasan kenapa harganya turun karena saya juga menyesuiakan harga yang pabrik tentukan,” tandasnya.

Meski demikian, para pembeli komoditi perkebunan ini mengaku turunnya harga beli ini dikarenakan harga jual di pabrik atau industri juga menurunkan harga. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut