Pelabuhan Pasar Sayur Mengancam Keselamatan Warga

  • Bagikan
Kondisi Pelabuhan Pasar Sayur Gamalam yang membutuhkan perhatian pemerintah (Foto: Hamid)

TERNATE – Kondisi Pelabuhan Pasar Sayur kini sangat memprihatinkan dan mengancam keselamatan warga pengguna jasa pelayaran di daerah tersebut.

Amatan KabarMalut Sabtu (11/1/2019), pelabuhan yang berlokasi di belakan Pasar Higienis Gamalama ini, kondisinya sudah tidak layak untuk digunakan. Sebab sebagian papannya sudah lapuk termakan usia serta lantai papan sudah tercopot yang menimbulkan lubang besar menganga.

Pelabuhan alternatif bagi sejumlah kapal motor penumpang dari Ternate tujuan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) serta sebaliknya ini, membutuh perhatian dari pemerintah sebelum adanya jatuh korban.

Salah satu nahkoda kapal KM Indah Permata, Samsudin mengatakan, pelabuhan pasar sayur ini pernah ditinjau oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dengan maksud untuk langkah perbaikan. Hanya saja hingga kini rencana tersebut belum juga terrealisasi.

“Kami sudah usulkan menyangkut perbaikan pelabuhan ke pemerintah, tapi sampai sekarang belum ada kebijakan menyangkut perbaikan pelabuhan ini, pernah dijanjikan  kepada kami oleh Dinas Perikanan usai peninjauan lokasi pelabuhan,  peninjauan ini sudah tiga kali diadakan dan mereka janjikan akhir tahun 2018 akan dilakukan perbaikan pelabuhan. Namun hingga saat ini 2019 belum ada kebijakan dinas terkait ‘’ ungkap Samsudi.

Samsudin berharap, Pemerintah Kota Ternate, terutama dinas terkait untuk segera memperbaiki pelabuhan yang satu-satunya dijadikan tempat warga menyuplai sayur-mayur dari luar daerah untuk berjualan di Pasar  Higienis Gamalama Kota Ternate ini. (mg01-Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut