Oknum ASN Pulau Morotai Tersangkut Narkoba Terancam Dipecat

Fizri Nurdin
Kepala Inspektorat Pulau Morotai, Marwanto Prasetyo Soekidi (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Salah satu oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai bernama Asrul Jima Seha, diduga tersangkut dalam kasus penyalanggunaan narkoba dan kini ditahan polisi, terancam sanksi berat berupa pemecatan.

Kepala Isnpektorat  Pulau Morotai, Marwanto Prasetyo Soekidi mengaku dirinya telah mendapat laporan terkait oknum pegawainya yang terlibat kasus narkoba tersebut. Namun infomasinya belum lebih detail karena dirinya baru menjabat sebagai Kepala Inspektorat sejak awal Januari.

“Kami tetap tunduk terhadap hukum yang berlaku, jika  yang bersangkutan benar-benar tersangka maka tetap diproses,” ungkap Marwanto kepada KabarMalut, Kamis (17/1/2019).

Marwanto mengaku, pada prinsipnya tetap bertunduk pada ketentuan hukum yang berlaku dan tidak ikut campur dalam hal penegak  hukum yang telah memproses oknum pegawainya itu.  Asrul Jima Seha bakal diberi sanksi berat berupa pemecatan karena terlibat kasus Narkoba.

“Kalau benar-benar dia tetapkan sebagai tersangka baru kami bisa mengambil sikap, ini juga akan menjadi perbaikan bagi kami, jangan sampai ada juga yang lain,” tandasnya.

Sementara, Assiten II Setda Pulau Morotai, Alexander Wermsubun menambahkan, setiap ASN yang terlibat narkoba, bisa dijatuhi hukuman disiplin berat, karena merupakan pelanggaran Pasal 10 angka 2 dan angka 4, Peraturan Pemerintah (PP) No 53/2010 tentang disiplin Pegawai Negri Sipil.

“Keputusan ini diambil jika ASN yang bersangkutan benar-benar ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba,” kata Alexander.

Akex juga menambahkan, bahwa akan ditempuh dulu sejumlah langka sebelum PNS tersebut diberi sanksi. Diantaranya menunggu putusan hukum berkekuatan tetap dari pengadilan dan hasil rapat Tim Penegak Disiplin Kode Etik Kepegawaian.

Sekedar diketahui, Asrul Jima Seha diringkus  Satuan Reseerse Narkoba Polres Pulauu Morotai pada Senin 31 Desember 2018 lalu, bersama tiga rekannya dengan barang bukti berupa dua saset narkoba jenis sabu berat masing-masing 1,5 gram dan 0,92 gram. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut