Petani Kopra Morotai Keciprat Bantuan dari Kemendes PDTT

  • Bagikan
Kabid Pembangunan Kawasan Perdesaan, DPMD Pulau Morotai, Maruf Hafel (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Petani Kopra di Kabupaten Pulau Morotai untuk tahun 2019 bakal keciprat bantuan Direktorat Pengembagan Ekonomi Lokal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kabid Pembangunan Kawasan Perdesaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Maruf Hafel mengaku bantuan dari Kemendes PDTT ini tahun anggaran 2018 untuk realisasi tahun 2019. Batuan berupa sejumlah alat pengolahan kopra yang akan diberikan ke para petani kopra.

“Bantuan dari Kementrian Desa ini  berupa mesin pengering kopra 5 unit atau oven kopra kapasitas 5 ton, 9 unit pencungkil kelapa dan perajang kopra 9 unit,” ungkap Maruf kepada KabarMalut, Senin (21/1/2019).

Menurutnya, bantuan tersebut diprioritaskan pada petani kopra di Desa Lusuo Morotai Utara yang diperuntukan untuk BUMDes karena dari BUMDes bisa dibagi hasil.

“Entah bentuknya disewakan atau apa nanti desa yang mengatur,” tandas.

Dipilih Desa Lusuo, lanjut Maruf, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kemendes PDTT saat hendak menurunkan bantuan ke desa-desa.

“Hasil suvei Kemendes ternyata Desa Lusuo banyak petani kopra dan memiliki hasil kopra paling banyak di desa itu, sehingga mendapatkan bantuan lewat DPMD,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut