KPU Morotai Copot APK Caleg yang Menyalahi Aturan

  • Bagikan
KPU Pulau Morotai saat melakukan penertiban APK yang dinilai menyalahi aturan (Foto: Istimewa)

DARUBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho  calon legislatif 2019. Penertiban dilakukan pada lima kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pulau Morotai.

Devisi SDM KPU Pulau Morotai, M Takdir Abdul Aziz menyampaikan penertiban  APK ini berkaitan dengan sejumlah Caleg yang memasangi baliho dengan logo, atribut, simbol dan gambar KPU serta spanduk peserta Pemilu yang mengklaim maupun dilakukan kampanye hitam atau hoax.

“Klaim yang dimaksud itu, ada yang memasuki kawasan atau basis. Nah itu yang kami tertibkan,” tandas M Takdir kepada KabarMalut, Selasa (22/1/2019).

Saat melakukan penertiban, lanjut M Takdir, terdapat  lima partai yang dinilai menyalahi aturan, diantaranya Partai Demokrat, PKS, PKB, PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar.

KPU Pulau Morotai menegaskan bahwa peserta Pemilu (Caleg) harus mematuhi aturan sesuai edaran dari KPU pusat yakni PKPU nomor 23 tahun 2018 pasal 280 ayat 1 dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Caleg yang masih melanggar aturan, maka tetap diturunkan balihonya.

“Penertiban ini dilakukan atas dasar perintah KPU pusat, kalau setelah ini ada yang melanggar, kami kembali tertibkan,” tegasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut