Gelar Bimtek, KPU Harap Relawan Demokrasi Bisa Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

  • Bagikan
Bintek Relawan Demokrasi Pemilu 2019 (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Pulau Morotai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Relawan Demokrasi Pemilu 2019. 55 orang Relawan Demokrasi ini sebelumnya dikukuhkan oleh KPU di Hotel Perdana Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan, Rabu (23/1/2019)

Ketua KPUD Pulau Morotai, Saima Nuang  mengucapkan selamat bertugas para relawan Demokrasi Pemilu, kalian adalah mitra KPU dalam menjalankan tugas sekaligus sebagai penyambung tangan KPU dalam Pemilu 2019.

“Ini merupakan langkah awal kita untuk meningkatkan partsipasi masyrakat, karena masalah partisipasi masyarakat merupakan masalah yang selalu terjadi dari tahun ke tahun,” ujar Saima dalam sambutannya.

Menurutnya, relawan Demokrasi Pemilu 2019 Pulau Morotai yang telah dikukuhkan ini merupakan mitra KPU yang melaksanakan tugas sesuai UUD dan segala biaya dibebankan kepada APBN, untuk KPU Pulau Morotai. KPU berharap partisipasi masyarakat secara umum pada Pemilu 2019 sampai pada titik 77 persen dan Morotai harus lebih dari target tersebut.

“Pada Pilkada serentak tahun 2017, partisipasi masyarakat Pulau Morotai mencapai 79 persen dan pada Pilgub Malut partisipasi masyarakat menjadi menurun. Sehingga KPU Pulau Morotai harus terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, selama ini telah melakukan sosialisasi, namun keterbatasan anggota menjadi kendala. Untuk itu perlu dibuat relawan Demokrasi agar dapat membantu KPU mensosialisasikan kepada masyarakat di desa-desa, sehingga masyarakat sadar akan hak pilih mereka.

“Adapun basis-basis penting yang tidak dapat disentuh oleh KPU, yang membutuhkan kinerja rekan- rekan relawan Demokrasi. Relawan Demokrasi dalam menjalankan tugasnya harus bersikap netral dan independen,” harapnya.

Pembentukan relawan Demokrasi Pemilu 2019 diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 dan masyarakat tidak golput. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut