Pemkab Halsel Anggarkan Rp 3 Miliar Bangun Jembatan Ake Coro

Redaksi
Sekda Halsel, Helmi Surya Botutihe (Foto: Istimewa)

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) berencana membangun kembali jembatan Ake Coro yang menghubungkan Desa Tembal dan Kupal Kecamatan Bacan Selatan dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Jembatan ini mengalami kerusakan cukup parah ketika diterjang banjir pada tahun 2016 lalu.

Sekrtaris Daerah (Sekda) Halsel, Helmi Surya Botutihe menyebutkan pada tahun anggaran 2019 pemerintah telah menganggarkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk membangun kembali jembatan yang merupakan kewewenagan Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) tersebut.

“Memang belum memenuhi sebuah kubutuhan anggaran, tapi paling tidak kita buat bangunan bawahnya dulu, mungkin darurat dulu mungkin tahun depan kita bisa tuntaskan,” kata Helmi ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, proses perbaikan jembatan itu seharusnya wewenang Pemprov Malut. Namun, demi memenuhi kebutuhan masyarakat, akses jembatan Ake Joro harus dibangun.

“Provinsi sudah menyetujui bahkan sudah ada kesepakatan,” ujar Sekda.

Langkah ini merupakan terebosan yang harus dilakukan Pemda Halsel. Karena tidak mungkin masyarakat ke Sofifi mengeluh kepada Pemprov.

“Tidak mungkin masyarakat ke Sofifi. Sofifi jauh pasti komplainnya yang terdekat pasti ke pak Bupati. Oleh karena itu kita sharing, makanya kita proaktif membicarakan ini,” pungkas Sekda. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut