Polisi Bekuk Komplotan Pencurian Sepeda Motor

  • Bagikan
Komplotan Curanmor yang ditangkap Tim Resmob Dit Reskrimum Polda Malut (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Tim Reserse Mobile (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Maluku Utara (Malut) berhasil membekuk komplotan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di yang beroperasi di Kota Ternate. Ketiga tersangka dibekuk di tempat yang bereda, dua tersangka yakni Suleman alias Emang dan Muhammad alias Amat dibekuk di Kelurahan Akehuda tepanya di Daulasi dan satu tersangka dibekuk di Lingkungan Siko atas nama Vijal.

Panit I Yunit Resmob Polda Malut, Ipda Sofyan Torid mengatakan, komplotan ini mereka melaksanakan aksi pada malam hari diatas jam 23:00 WIT, sepeda motor yang ditemui mereka didorong kemudian di tempat yang aman baru dihidupkan dengan cara membongkar dengan menggunakan beberapa alat, selanjutnya memutuskan beberapa kabel yang kemudian disambung kembali.

“Setelah motor tersebut hidup kemudian dibawah ke Kelurahan Akehuda dan  diubah warnahnya, barang bukti kami amankan diantaranya pylox dan plat nomor,” kata Sofyan kepada wartawan, Rabu (23/1/2019).

Plat nomor dan bodi kendaraan, lanjut Sofyan, semua diubah untuk menghilangkan jejak agar tidak dikenal pemiliknya. Polisi berhasil mengamankan enam unit kendaraan sepeda motor, namun beberapa diketahui telah dijual keluar Ternate seperti Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

“Kami dari Tim Resmob terus melakukan pengembangan, jadi tidak menutup kemungkinan tersangka tersebut bukan hanya tiga orang saja, kami akan terus melakukan pengembangan bahwa barang bukti sudah dijual kami akan telusuri kemudian kami sita kembali,” ungkapnya.

Polisi menduga komplotan ini bergerak tidak sendiri, sasaran mereka ini dipemukiman dan kos-kosan, setelah ditangkap satu tersangka berusaha melawan petugas cara hendak menyerang petugas menggunakan benda tajam. Namun upaya tersangka behasil dihalau anggota.

“Barang bukti berhasil disita seperti benda tajam, golok dan pisau. Kemudian alat-alat yang mereka gunakan untuk menghidupkan kendaraan berupa oben, mereka bereaksi melakuakan pencurian motor ini sudah satu bulan lebih di wilayah Kota Ternate,” pungkasnya.

Ketiga tersangka dikenakan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan Jo pasal 55 KUHP dan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut