Dihantam Ombak Besar, Speedboat Kejari Morotai Terombang-Ambing di Laut

  • Bagikan
Speedboat milik Kejari Pulau Morotai saat dievakuasi (Foto: Istimewa)

DARUBA – Speedboat milik Kejari Pulau Morotai rute Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut)- Daruba Kabupaten Pulau Morotai, hilang kendali  dan terombang-ambing di laut perairan Desa Wasileo Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), akibat dihantam ombak besar disertai kabut yang menghalangi jarak pandang. Speedboat yang memuat salah satu narapidana dari Tobelo beserta  sejumlah penumpang ini juga mengalami kebahisan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Staf Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan Imam Lastori Pulau Morotai, Sahabudin Taba mengaku speedboat milik Kejari hilang kendali sekira pukul 14:00 WIT, karena dihantam ombak besar disertai cuaca buruk. Selama perjalanan, speed tidak lagi mengikuti jalur tujuan karena kerusakan alat navigasi.

“Speedboat tersebut hilang arah siang tadi di depan Pulau Mitita, cuaca saat itu kabut dan ombak terlalu kencang dan menghalangi pelayaran, akhirnya speed berhenti dan berubah arah. Melihat pulau Halmahera Desa Wasileo Haltim dikiranya itu Pulau Morotai, jadi speed langsung ke arah Wasileo,” ungkap Sahabudin saat ditemui KabarMalut, Senin (28/1/2019).

Beberapa saat kemudian, para ABK speed sadar bahwa pulau yang ditujui bukan Pulau Morotai melainkan Desa Wasileo. Juragan speedboat yang sudah cukup lama berputar di lokasi tersebut, berusaha balik tapi kehabisan BBM sehingga terombang–ambing di laut.

“Kami menerima informasi dari salah satu keluarga anggota Polair yang juga ikut speet boat milik Kejari Rute Tobelo ke Morotai yang terdampar di Wasileo. Dia datangi kantor kami dan melaporkan bahwa ada speedboat milik Kejari terdampar, saya langsung menghubungi KPLP Tobelo untuk meminta bantuan,” terangnya.

Petugas dari KPLP dan Polair Pulau Morotai dengan menggunakan speedboat milik Pemda Pulau Morotai, juga dikerahkan Lokasi Kejadian Perkara (LKP) di perairan Desa Wasileo, untuk melakukan pertolongan. Selain itu, anggota Polres Halut bersama Syahbandar Tobelo juga menuju LKP dan berhasil mengevakuasi speed beserta penumpang balik ke Tobelo.

Sekitar pukul 17:20 WIT tim evakuasi tiba di pelabuhan speedboat Tobelo dan penumpang dijemput langsung oleh keluarga masing-masing. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut