Cuaca Ekstrim, Speedboat Rute Jailolo Ditutup Selama Lima Hari

  • Bagikan
Suasana di pelabuhan Dufa-Dufa Ternate yang nampak tidak ada pelayanan (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Ternate melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pos Dufa Dufa, Kecamatan Ternate Utara mengeluarkan peringatan cuaca ektrim kepada seluruh ABK Speedboat Ternate tujuan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Peringatan tersebut berdasarkan instruksi dari BMKG Kota Ternate yang menyebutkan waspada gelombang tinggi hingga tanggal 31 Januari 2019 mendatang. Untuk itu KPLP Pos Dufa-Dufa menutup pelayanan penyeberangan laut khusus speedboat rute Ternate-Jailolo selama lima hari.

“Penyebrangan laut dari Ternate menuju Jailolo dipending (ditunda) sejak Minggu (27/1) pukul 15:00 WIT hingga waktu yang ditentukan oleh BMKG seusai akhir bulan Januari. Ini disebabkan adanya gelombang air laut yang mencapai ketinggian 2-4 meter,” ungkap Petugas KPLP Pos Dufa-Dafa, Muhammad Abdu kepada KabarMalut, Selasa (29/1/2019).

Muhammad menyebutkan untuk penyeberangan  dengan menggunakan speedboat, pihaknya melarang keras dengan alasan cuaca ekstrim yang melanda Kota Ternate dan sekitanya. Sejak hari Minggu kemarin, petugas KPLP Pos Dufa-Dufa sudah memperingatkan seluruh ABK speedboat Ternate-Jailolo agar membatalkan penyeberangan hingga Kamis (31/1) mendatang sebagimana diberikan BMKG.

“Penyeberangan yang dipending keberangkatannya ke Jailolo Halbar hanya khusus speedboat. Sedangkan untuk kapal kayu beroperasi secara normal, namun tetap dihimbau selalu waspada,” jelasnya.

KPLP hanya bisa berharap cuaca ekstrim saat ini bisa segera reda dan masyarakat bisa beraktifitas kembali dengan normal. Para ABK speedboat pun diimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut