DPRD Desak BPBD dan PU-PR Halbar Perbaikan Infrastruktur di Ibu dan Loloda

  • Bagikan
Anggota DPRD Halbar, Denny Palar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Pasca bencana banjir di Desa Tongute Ternate Kecamatan Ibu bebarapa hari lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), didesak menata infrastruktur lebih baik lagi di wilayah Kecamatan Ibu.

“Langkah yang harus diambil untuk mencegahnya bencana sperti banjir tidak terulang kembali adalah pihak Dinas terkait  yakni BPBD dan Dinas PU-PR harus turun ke lapangan dengan mengikutsertakan tenaga konsultan, untuk merancang agar ke depan bila bencana terjadi kembali tidak membahayakan warga,” desak anggota DPRD Halbar, Denny Palar kepada KabarMalut via telepon, Rabu (30/1/2019) malam.

Menurutnya, bahkan kedua dinas juga harus sigap serius persoalan longsor dan banjir yang saat ini terjadi di beberapa desa di wilayah Kecamatan Loloda.

“Secapatnya melakukan pendataan rumah warga di beberapa desa di Loloda untuk bisa mendatangkan bantuan berbentuk material, untuk bisa mengantikan dan bila perlu dibangun kembali para rumah warga yang tak bisa digunakan usai longsor,” ujarnya.

Sementara dua desa yakni Desa  Trans Jano dan Desa Linggua Kecamatan Loloda yang terkena musibah banjir, juga harus dipikirkan solusi kedepannya bagimana. Karena rata-rata rumah warga yang tergenang air berada di dataran rendah.

“Baiknya pemerintah harus melakukan perbaikan infrastruktur seperti pembuatan drainase untuk bisa aliran air ke sungai saat musim penghujan dan penataan lingkungan yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Terpisah Kepala BPBD Halbar, Imran Lolori saat konfirmasi via telepon tidak merespon hingga berita ini tayang. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut