APDESI Halbar Gelar Musyawarah Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
Ketua DPC APDESI Halbar, Rustam Fabanyo (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Halmahera Barat (Halbar) menggelar musyawarah tingkat Kecamatan se-Kabupaten Halbar. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 15 Januari 2019 hingga Sabtu (2/2) di kantor Camat Jailolo Selatan dengan tema ‘Mengabdi Demi Kemasalahatan Masyarakat’.

Ketua DPC APDESI Halbar, Rustam Fabanyo mengaku selain pemilihan ketua dan pembentukan Pengurus Tingkat Kecamatan, musyawara ini juga sebagai bentuk pemantapan dan penguatan kapasitas pengurus dalam berlembaga.

“Pentingnya bermusyawarah ialah untuk melakukan pemilihan Ketua APDESI Tingkat Kecamatan sekaligus pembentukan struktur DPC APDESI di tingkat Kecamatan se-Halmahera Barat,” ungkap Rustam dalam rilis yang diterima KabarMalut, Minggu (3/2/2019).

Dalam musyawarah tersebut, selaku Ketua APDESI Halbar Rustam Fabanyo mengatakan, bahwa fungsi Dana Desa sebenarnya adalah untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat desa. Olehnya itu, tugas Pemerintah Desa sebenarnya adalah mewujudkan hal itu.

Dengan terbentuknya struktur kepengurusan APDESI Kecamatan maka kedepan akan ada pengawasan kinerja Pemerintah Desa oleh Pengurus APDESI Kecamatan.

“Jika ada ada yang sengaja melakukan pengambilan kebijakan desa tidak sesuai dengan mekanisme perundang-undangan, maka APDESI Halbar siap menindaklanjuti bahkan tidak segan-segan untuk melaporkan pada pihak yang berwajib,” tegas Kades Gamlamo ini.

Pemerintah Desa harus mampu mengelolah Dana Desa yang pro aktif pada kebutuhan masyarakat desa.

“Sehingga desa mampu mandiri secara ekonomi, jika tidak maka kita telah menabrak semangat  UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,” tandasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut