Inspektorat Halbar Laksanakan Pemeriksaan Reguler

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO –  Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melakukan pemeriksaan reguler pengelolaan anggaran tahun 2018. Pemeriksaan dilaksanakan sebelum adanya pemeriksaan dari Badan Keuangan  (BPK) Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Jadi dengan BPK nanti kita akan komunikasikan soal waktu karena BPK melakukan audit operasional. Malah lebih memudahkan tugas-tugas BPK, jadi BPK tidak ribet lagi dalam informasi sementara informasi itu sudah tercover misalnya, pemeriksaan internal Inspektorat tinggal mencocokkan atau disinergikan data,” kata Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau kepada KabarMalut, Senin (4/1/2019.

Menurutnya, target pemeriksaan Februari semestinya sudah selesai, prinsip  dalam pemeriksaan target harus optimis.

“Seandainya dalam perjalanan kemudian diperlukan waktu harus ditunda karena soal kebutuhan dokumen, urgen, kadang kita membutuhkan orang dia lagi keluar daerah maka kita harus balik lagi, dan diberikan perpanjang waktu atau surat tugas baru untuk pemeriksaan. ” Tutur mantan camat ini.

Disentil soal target WTP Pemda Halbat, Julius dengan lantang  mengatakan optimis karena di sistem pengendalian internal sudah dibangun di tahun 2018 dan tahun 2017  pengenalan sistem pengendalian sudah dilaksnakan.

“Jadi 2018 itu sistem pengendalian kita sudah bangun jadi syukur Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Pemda Halbar masuk kategori di level tiga,” terangnya.

Julius juga menambahkan dengan sistem pengendalian sudah terbangun muda-mudahan semua instansi itu sudah pasti dalam melaksanakan aktivitas terkendali oleh sistem.

“Nah kali sudah terkendali oleh sistem bawah pengelolaan keuangan maupun pemerintahan yang baik itu sudah terkendali dalam system,” tandas Julius menutup. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut