Kerusakan Embung Kadis Laporkan Kemendes-PDT

  • Bagikan
Kepala DPMPD Halbar, Asnath Sowo (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Asnath Sowo mengaku masalah kerusakan infrastruktur Embung penempungkan air persawahan dan jagung di Desa Sidodadi Trans-goal, Kecamatan Sahu Timur sudah dilaporkan ke Dirjen Kementrian Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal (Kemendes-PDT) Republik Indonesia (RI).

“Terkait masalah kerusakan infrastruktur Embung di Desa Sidodadi itu, saya sudah melaporkan ke pak Dirjen Ahamd Robo melalui lapor salah satu pemberitaan media online ke sesprinya Dirjen,” kata Asnath kepada wartawan, Selasa (5/1/2019).

Menurutnya, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian, karena Embung Sidodadi tupoksi Dinas Pertanian. Untuk terkait dengan pemilik lahan di area Embung atas nama Agus Mole yang ingin mengambil kembali lahanya, akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian.

“Saya akan melakukan koordinasi dengan Kadis Pertanian. Karena saat ini Kadis Pertanian masih di luar daerah, agar bisa berkoordinasi kembali dengan pemilik lahan,” ujarnya.

Lanjutnya, pekerjaan infrastruktur Embung tersebut dirinya juga tidak mengetahui pasti pihak ketiga siapa yang mengerjakannya. Karena proyek ini anggarannya langsung dari pusat (APBN 2017) dengan nilai Rp 936 665 000.

“Kemarin saya sudah bicara dengan pemilik lahan itu, karena maunya cepat proyek itu selesai. Namun anggaran terbatas, sehingga di tahun ini akan dibangun kembali saluran air untuk air bisa mengalir dari Embung melalui Dinas PU-PR Halbar,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut