DKP Pulau Morotai Berikan Sejumlah Bantuan pada Nelayan

  • Whatsapp
Kabid Penangkapan dan Pengawasan DKP Pulau Morotai, Muksin Hi Umar menyerahkan bantuan secara simbolis pada 3 Koperasi Nelayan (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) memberikan sejumlah bantuan terhadap para nelayan. Bantuan tersebut berupa perpanjangan Premi Asuransi Nelayan tahun 2019, kartu asuransi, serta penyampaian Surat Pernyataan Kesehatan (SPK).

Kabid Penangkapan dan Pengawasan DKP Pulau Morotai, Muksin Hi Umar mewakili Kepala Dinas mengaku, penyerahan bantuan secara simbolis ini berlangsung pada nelayan di tiga desa yakni di Desa Sabatai Baru Koperasi Kejar Usaha Bangkit, Desa Mandiri Koperai Bela Mandiri dan Desa Wawama Koperasi Nelayan Wawama Pasifik Bangkit dengan tujuan agar nelayan terjamin asuransi.

Muat Lebih

“Sumber dana APBN tahun 2018 telah diserahkan Kartu Asuransi Nelayan sebanyak 178 orang dan penyampaian Surat Pernyataan Kesehatan (SPK ) sebanyak 1.217 orang untuk periode 2017 sampai 2018 untuk diverifikasi nelayan sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk anggaran sharing 2019 diberikan bantuan berupa perpanjangan Premi Asuransi Nelayan bagi 2.115 orang nelayan,”  ungkap Muksin kepada KabarMalut, Jumat (8/2/2019).

Muksin juga menambahkan, pemerintah juga memberikan bantuan rumah nelayan sebanyak 50 unit melalui Kementerian PUPR yang berlokasi di Desa Daeo Majiko. Bantuan ini berdasarkan  amanat PERMEN KP-RI nomor 18 tahun 2016 yakni untuk  melindungi nelayan atas  kerugian yang mungkin  terjadi, termasuk resiko kematian dan kecelakaan kerja.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini, nelayan bisa lebih aktif lagi dan bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan secara menyeluruh,” harap Muksin. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *