Bawaslu RI Apresiasi Pelaksanaan Bintek Peningkatan Kapastitas SDM

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu RI, Abhan (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Ketua Bawaslu RI, Abhan memberikan apresiasi terhadap jajaran Bawaslu Maluku Utara (Malut) yang telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapastitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap seluruh Komisioner Bawaslu se-Malut.

“Kami memberikan apresiasi atas kegiatan Bawaslu Provinsi Maluku Utara dalam hal ini persiapan-persiapan kelembagaan, untuk persiapan menjelang rapat umum menjelang pengumutan suara pada 17 April nanti,” ungkap Abhan kepada sejumlah wartawan usai menutup dengan resmi pelaksanaan Bintek Peningkatan Kapasitas SDM di Ball Room Grand Dafam, Minggu (10/2/2019).

Muat Lebih

Kesiapan Bawaslu pada Pemilu 2019 sudah siap, namun Bawaslu Malut lebih meningkatkan lagi kapasitas SDM tentang pengawasan Pemilu. Sebab Pemilu 2019 ini sangat komplek jika dibandingkan dengan Pemilu tahun-tahun sebelumnya.

“Maka perlu bersiap-siap untuk jajaran Bawaslu, karena untuk menagantisipasi baerbagai hal potensi pelanggran. Semoga dengan kegiatan ini Bawaslu sendiri berupaya melakukan upaya pencegahan berbagai potensi pelanggaran Pemilu yang saat ini masih dalam masa tahapan,” jelasnya.

Abhan yang juga menjadi pemateri dalam Bimtem ini, mengaku untuk Pemilu 2019 yang menjadi konsem pencegahan pelanggaran yakni berkaitan dengan money politik serta pencegahan keterilibatan ASN dan TNI-Polri.

“Masih menjadi konsep kami, Bawaslu sendiri akan melakukan pencegahan juga netralitas ASN dalam Pemilu ini Pileg maupun Pilpres, netralitas ASN dan TNI/Polri harus tetap dijaga,” terangnya.

Ditanya soal sengketa Pemilu yang sering terjadi karena dugaan ada manipulasi perolehan suara, Abhan sendiri mengaku Bawaslu akan memaksimalkan pengawasan hingga ke TPS.

“Kami akan menyiapkan pengawas TPS lengkap sampai ke tingkat TPS, jadi jajaran kami di TPS ada Pengawas TPS. Mudahan-mudahan dengan adanya pengwas TPS, berbagai potensi pelanggran di tingakat TPS bisa terantisipasi,” terangnya.

Bawaslu mengajak suluruh komponen masyarakat partisipasi untuk berani mengatakan Tolak Politik Uang. Karena kegiatan demokrasi bukan saja tangung jawab penyelenggara saja, melainkan tanggung jawab bersama termasuk masyarakat.

“Kami mendorong kepada masyarakat untuk datang di TPS dan ikut mengawasi juga seluruh proses tahapan ini,” tutupnya. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *