Bawaslu Bakal Investigasi Baliho Dukungan Bupati Morotai ke Jokowi-Amin

  • Bagikan
Baliho ucapan terima kasih dukungan Bupati Pulau Morotai Benny Laos terhadap Jokowi-Amin yang terpasang di bahu jalan raya Desa Darame Kecamatan Morotai Selatan (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA -Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai, bakal melakukan investigasi dan kajian terhadap sebuah baliho yang terpasang di bahu jalan raya Desa Darame Kecamatan Morotai Selatan bertuliskan ucapan ‘Terima kasih kepada Bupati Pulau Morotai Bapak Benny Laos yang telah mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Capres dan Cawapres 2019-2024.

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Lukman Wangko mengaku pemasangan baliho tersebut belum bisa dinyatakan pelanggaran. Bawaslu harus melakukan investigasi awal secara internal dan dibutuhkan kajian terlebih dahulu.

“Kami melakukan rapat internal untuk memutuskan apakah ini masuk pada tindak pelanggaran, kami juga melakukan kajian internal dulu, untuk membutuhkan dua unsur itu formil atau materil, kasus ini kami akan  melakukan rapat dan membentuk tim investigasi untuk diarahkan di lokasi itu,” ungkap Lukman kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, dalam baliho tersebut belum bisa disimpulkan apakah Bupati Benny Laos melakukan dukungan secara personal ataukah membawa nama  pemerintah daerah. Maka perlu adanya investigasi lebih rinci kemudian meminta klarifikasi kepada bupati.

“Karena ini kami juga belum tahu siapa yang memasang baliho ini, jangan sampai hanya orang person yang kemudian mengatasnamakan bupati,” tandasnya.

Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Pulau Morotai, Seni Soamole menambahkan ada dua prosedur yang dipakai Bawaslu, misalkan laporan berarti pihaknya harus lakukan penindakan berdasarkan laporan masyarakat. Jika berupa aduan, maka Bawaslu harus membentuk investigasi dengan dua jalur yakni mengundang untuk memastikan baliho yang dipasang itu atas perintah dari bupati atau itu ide dari tim sukses serta partai pendukung.

“Kami harus membuat bukti lagi investigasi, kami berbincang dengan pak bupati langsung mungkin bentuk rekaman percakapan dengan pak bupati, supaya jika itu adalah temuan berarti berdasarkan hasil pengawasan dari investigasi, baru itu bisa dinaikkan kepada Kordiv KPP untuk diregister menjadi laporan,” ungkap Seni.

Terpisah, Bupati Pulau Morotai Benny Laos dikonfirmasi terkait baliho dukungan tersebut, mengaku tidak mengetahui pemasangan baliho yang didalamnya terdapat gambar Capres-Cawapres dengan dirinya tersebut. Meski begitu, Benny membenarkan secara person dirinya mendukung Jokowi-Amin pada Pilpres 2019.

“Siapa pasang, kalau dukungan pribadi saya, saya tidak keberatan karena pribadi saya memang mendukung,” singkat Benny. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut