Pekan Depan BP3D Halbar Gelar Musrembang Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
Kepala BP3D Halbar, Soni Balatjai (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menjadwalkan pekan depan bakal melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan.

“Musrembang tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Februari dari sembilan kecamatan, Kecamatan Jailolo lebih duluan melakukan Musrembang,” kata Kepala BP3D Halbar, Soni Balatjai saat ditemui KabarMalut, Rabu (13/2/2019).

Dikatakan, untuk persiapan atu louncing Musrembang Tingkat Kecamatan adalah camat, dari kabupaten hanyalah mengawal, Musrembang kecamatan ini yakni membuat kesepakatan diusulkan dari desa yang menjadi prioritas kecamatan.

“Jadi harapan untuk Musrembang Kecamatan sebentar nanti program itu harus singkrong dengan Renja SKPD,” tuturnya.

Lanjutnya, harapan untuk  Musrembang yang diusulkan bakal digeser ke kecamatan sesuai permendagri nomor 114 itu hal -hal yang diatur oleh desa, “jadi kewenangan desa itu ada di desa, kewenangan kabupaten ya ada di kabupaten, untuk musrenbang ini dilaksanakan persiapan di tahun 2020 dan menyiapkan rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).”Jelas kaka oni sapaan akrabnya.

Disentil Musrembang kecamatan di tahun lalu itu apakah sudah sinergi, mantan Kadikbud ini menjelaskan Musrembang bicara tentang kegiatan sinkronisasi atau penjelasan program yang  pasti ada sinergitas.

“Harus sesuai dengan rencana SKPD, itu juga bagian dari usulan kecamatan,” sentilnya.

Musrembang ini yang nantinya bakal masuk dalam aplikasi E-Planning program diusulkan dari tingkat kecamatan itu masih rencana awal, nanti setelah ada forum SKPD melaksanakan Musrembang kabupaten menetapkan dan dibahas lagi menjadi program prioritas.

“Program yang diusulkan dari kecamatan nanti ada forum  antara lintas SKPD, kemudian itu dibawah ke Musrenbang kabupaten dan melihat program dari provinsi maupun pusat serta kabupaten dan kota” tandasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut