Dinas Satpol PP Halut Latih Anggota Linmas Pengamanan TPS Pemilu

  • Bagikan
Para anggota Sat Linmas yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Formal dalam rangka Pengamanan TPS Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO -Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Halmahera Utara (Halur) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Formal terhadap 286 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) dalam rangka Pengamanan TPS Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019.

Ketua Panitia Pelaksana, Tosye Patisilano mengatakan, pelatihan digelar selama sehari ini  diikuti oleh perwakilan masyarakat (Sat Linmas) yang ada di wilayah 6 kecamatan yaitu Kecamatan Tobelo, Tobelo Tengah, Tobelo Utara, Tobelo Selatan, Tobelo Timur dan Tobelo Barat.

Menurutnya,  peran serta Anggota Linmas ini cukup penting, selain menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, mereka juga diperbantukan untuk menjaga pengamanan ketika pemilihan berlangsung di tempatkan di setiap TPS.

“Hal itu sesuai dengan amanat Undang Undang nomor 7 tahun 2017 tentang mengatur keterlibatan Sat Linmas dalam pelaksanaan Pemilu. Hansip ini akan ditempatkan dimasing-masing TPS,” kata Tosye dalam laporanya di aula Gedung Marahai Tobelo, Kamis (14/2/2019).

Ia melanjutkan, Satlinmas ini akan ditempatkan sebanyak dua orang di setiap TPS, sedangkan jumlah TPS di Halut sebanyak 600 TPS. Sat Linmas akan bertugas sesuai dengan fungsinya, makas sebelum diterjunkan perlu diadakan pelatihan dan bimbingan secara teknis.

“Ada 286 orang yang mengikuti kegiatan ini. Tentu harus dilakukan Bimtek sebelum di terjunkan,” pungkasnya.

Sebagai Pemateri dalam Bimtek Satlinmas pengamanan TPS pemilihan umum legislatif dan Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum, Polres Halut, Kodim 1508 Tobelo dan Dinas Satpol PP Halut. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut