Unkhair Ternate MoU dengan BPJPH Kemenag Bentuk LPH

  • Bagikan
Penandatanganan Nota kesepahaman pembentukan LPH antara Unkhair Ternate dengan BPJPH Kemenang (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Dalam rangka penelitian, pengabdian dan pendampingan terhadap usaha-usaha mikro, Universitas Khairun Kota Ternate melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam pembentukan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Kepala BPJPH Kemenag RI, Sukoso menyebutkan dengan adanya BPJPH ummat akan semakin terhidupi bukan menjadi sebuah isu yang sifatnya negatif, tapi sudah tersertifikasi secara hokum. Disamping itu perguruan tinggi mempunyai sumber daya manusia dan perangkat pendukung seperti laboratorium.

“Jadi dengan adanya sertifikasi halal, masyarakat tidak perlu ragu, kalau masih ragu yah silahkan layangkan surat ke BPJPH,” ungkap Sukoso kepada Kabar Malut, Jumat (15/2/2019).

Sementara Ketua Halal Center Unkhair Ternate, Muliadi menyampaikan bahwa tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman antara BPJPH dan Unkhair merupakan bentuk kerjasama dalam pembentukan LPH yang berlandaskan hukum dengan progres kedepan yang lebih baik.

“Dengan sertifikasi halal, tentunya produk-produk makanan dan obat-obatan yang ada di Malut khususnya Kota Ternate dapat meningkatkan persaingan bisnis diantara para UKM,” jelasnya.

Muliadi juga menambahkan nantinya Unkhair akan mengikut sertakan beberapa staf untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi auditor pembentukan LPH di Unkhair. Tentunya dengan koordinasi bersama MUI Maluku Utara, Kemenag Maluku Utara dan pihak kampus sendiri. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut