Basarnas Ternate Gelar Pelatihan Potensi SAR

  • Bagikan
Direktur Bina Potensi SAR RI, Marsekal Pertama TNI F Indrajaya saat

TERNATE –  Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)Ternate menggelar Pelatihan Potensi SAR tahun 2019, dengan tema ‘Melalui Pelatihan Potensi SAR di Wilayah Provinsi Maluku Utara Kita Bisa Tingkatkan Kompetensi Potensi SAR Guna Untuk Tercapainya Penyelenggaraan Operasi SAR yang Efektif dan Efesien’. Kegiatan ini sebagai bentuk untuk kesiap siagaan tim SAR yang ada di Kota Ternate.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Potensi SAR RI, Marsekal Pertama TNI F Indrajaya dan ikut dihadiri Walikota Ternate Burhan Abdurahman, TNI Polri, Unsur Forkompinda, peserta dan tamu undangan lainnya dipusatkan di gedung aula Kantor Basarnas Ternate, Senin (18/2/2019).

Direktur Bina Potensi SAR RI, Marsekal Pertama TNI F Indrajaya mengatakan pelatihan potensi SAR di Ternate ini dilaksanakan dengan tujuan untuk bisa melatih para potensi SAR yang ada di Ternate, untuk bisa dapat mensinerjikan TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat setempat.

“Jika terjadi potensi operasi SAR bisa sama-sama melaksakan kegiatan pencarian dan pertolongan maka melalui kegiatan ini yang akan dilaksanakan selama 7 hari mulai dari medical rescue water rescue,” ungkap Indrajaya saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Indrajaya menyebutkan, dari kegiatan yang sudah dilaksanakan ini, utamanya mereka (peserta) harus bisa menyelamatkan diri sendiri setelah bisa, baru mereka bisa memberikan pertolongan kepada orang lain kemudian dilaksanakan dengan water rescue jika terjadi kecelakaan di air maka dengan pelatihan inilah yang akan diajarkan.

“Untuk personil sendiri yang diikutkan sebanyak 40 personil diantaranya TNI-Polri dan masyarakat,” katanya.

Indrajaya berharap semoga kedepanya Kantor SAR Ternate bisa memiliki fasilitas yang standar agar bisa mengkafer dan digunakan. Untuk di Malut sendiri, menurut Indra masih terdapat dua pos SAR yakni di Tobelo dan Bacan.

“Jika dilihat luas wilayah masih kekurangan Pos SAR, namun masih dipergunakan dengan baik,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut