Dinas Pertanian dan Kodim 1508/Tobelo Panen Perdana Padi Varietas Mekongga

  • Bagikan
Kegiatan panen perdana Padi Varietas Mekongga ditandai dengan pemotongan pokok padi oleh Kepala Dinas Pertanian Halut Daud (Tengah) bersama sejumlah pimpinan SKPD (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara (Halut), melaksanakan panen perdana pertanian padi Varietas Mekongga di lahan pertanian yang dikelola oleh kelompok tani Desa Paca Kecamatan Tobelo Selatan. Panen perdana sendiri ditandai dengan pemotongan pokok padi oleh Kepala Dinas Pertanian Halut Daud.

Kepala Dinas Pertanian Halut, Daud mengatakan program cetak sawah merupakan program TNI-AD dengan Kementerian Pertanian yang setiap tahun dilaksakan pada daerah yang mempunyai potensi pengembangan sawah, baik sawah irigasi maupun sawah tahan hujan.

“Maksud program tersebut untuk menambah baku lahan sawah dan mengantisipasi berkurangnya lahan sawah akibat konversi penggunaan lainnya,” jelas Daud dalam sambutanya, Selasa (19/2/2019).

Menurutnya, untuk menigkatkan produksi beras dalam daerah, maka selain menambah indeks pertanaman, juga adanya perluasan  areal cetak sawah yang pada tahun 2018 pencetakan sawah seluas 130 hektar terdapat di kecamatan Tobelo Selatan.

“Kelompok tani di Kecamatan Tobelo Selatan, Harapan Jaya Desa Yaro  39.69 Hektar, Wowango  Desa Leleoyo luas 35.97 hektar, kelompok tani Iriri 23.815 hektar dan Tupulu 34.787 hektar di Desa Paca,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Erasmus J Papilaya mewakili Bupati Halut menyampaikan Pemerintah Kabupaten Halut mengapresiasi kepada Dinas Pertanian, Kodim 1508/Tobelo dan Kelompok Tani Desa Paca yang telah berhasil menggarap lahan ini hingga saat panen perdana.

“Ini dapat menjadi indikator positif bahwa daerah kita memiliki lahan subur yang cocok untuk pertanian khususnya padi. Selain itu, juga dengan berkembangnya potensi pertanian akan menopang perekonomian masyarakat maupun daerah agar semakin maju dan berkembang,” katanya.

Terpisah, Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto menyampaikan bahwa lokasi panen perdana ini merupakan lahan hasil cetak sawah 2018 seluas 130 hektar, tanpa menunggu lama setelah selesai dikerjakan langsung ditanami pagi hingga akhirnya hari ini dapat dilakukan panen perdana.

“Kedepan kami telah mengistruksikan kepada Para Babinsa untuk tetap mendampingi para kelompok tani dalam menggarap lahan tersebut, sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut