Dinsos Pulau Morotai Salurkan PKH 2019

Fizri Nurdin
Kepala Dinsos Pulau Morotai, Ansar Tibu (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pulau Morotai menyalurkan Program Keluarga Harapan (PKH) yang bersumber dari anggaran APBN tahun 2019. Program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini, sebagai upaya upaya percepatan penanggulangan kemiskinan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinsos Pulau Morotai, Ansar Tibu mengatakan sebanyak 2.175 Kepala Keluarga (KK) tercatat sebagai penerima PKH dan sudah disalurkan tahap pertama di bulan Januari berupa uang tunai melalui tabungan PKM KPM.

“Besarannya bervariasi sesuai ada beberapa komponen per KK, antara lain ada untuk ibu hamil, ibu yang melahirkan, ada juga anak yang masih sekolah dan batasannya hanya sampai 4 anak, lebih dari 4 anak tidak lagi ditanggung oleh PKH,” ungkap Ansar saat ditemui KabarMalut, Selasa (19/2/2019).

Menurutnya, jika dalam keluarga komponenya lebih banyak maka penerimanya akan lebih banyak, tergantung dari penerima KPM. Satu KPM kalau terdiri dari 4 komponen maka penerimanya akan lebih banyak.

“Ada sampai menerima Rp 2 juta dan ada juga sampai Rp 4 juta per tahap, dalam satu tahun ada 4 tahap,” jelasnya.

Untuk tahap kedua direncanakan pencair bakal berlangsung pada bulan Maret atau April mendatang dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 2.175 yang tersebar di seluruh desa pada 5 kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai.

“Tujuan dari KPH ini adalah untuk biaya anak-anak sekolah, ibu hamil untuk dapat memeriksa ke Posyandu, dan untuk anak yang baru lahir juga agar dapat diperiksa kesehatanya di Posyandu, sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut