Bawaslu Halsel Gelar Rapat Persiapan Bimtek Saksi

  • Bagikan
Rapat Bawaslu bersama Ketua-Ketua Partai Politik di ruang rapat Bawaslu Halsel yang dipimpin Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Bawaslu Halmahera Selatan (Halsel) gelar pertemuan dengan ketua-ketua partai politik (Parpol) guna membahas persiapan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap saksi dari Parpol yang akan ditugaskan di 722 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 249 Desa.

“Kesepakatan nama-nama saksi disertai dengan mandat dari parpol,” kata Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim saat diwawancarai usai rapat di kantor Bawaslu jalan Sadar Alam Desa Tomori, Rabu (20/2/2019).

Bimtek ini kata Kahar, telah diatur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017. Bimtek dilakukan di masing-masing kecamatan.

“Kami dari Bawaslu Halsel atau Bawaslu Provinsi yang turun melakukan supervisi,” ujar Kahar.

Kahar menyebutkan Bimtek saksi dari Parpol ini sangat penting dan juga untuk mempermudah pengawasan di hari pencoblosan. Dalam waktu dekat Parpol sudah harus masukan nama-nama saksi dari masing-masing Parpol.

“Partai masukan nama-nama saksi yang akan ditugaskan di tiap TPS,” Ungkapnya.

Bimtek saksi ini, lanjut Kahar, sangat penting dan dibutuhkan, sehingga tidak merepotkan Parpol pada hari pencoblosan. Sedangkan untuk anggarannya, Bawaslu hanya melaksanakan Bimtek, operasional saksi ditanggung masing-masing Parpol karena saksi yang hadir ikut Bimtek merupakan saksi Parpol.

“Ini wajib diikuti saksi dari partai. Jumlah saksinya sesuai jumlah TPS,”pungkas Kahar. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut