DPRD Halbar Respon Kades Tabadamai Tandingan

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Halbar, Djufri Muhammad (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), melalui Komisi I merespon adanya pemilihan Kepala Desa (Kades) tandingan, oleh masyarakat Tabadamai yang menolak Kades terpilih sebelumnya.

“Jika masyarakat membuat aksi seperti begitu dalam tatanan per undangan-undangan itu tidak sah, tetepi jika dikatakan itu reaksi masyarakat berarti ini sebagian dari kritik terhadap kepala desa yang barusan dilantik, dalam arti membuat mosi tidak percaya,” kata Ketua Komisi I DPRD Halbar, Djufri Muhammad kepada wartawan, Minggu (24/2/2019).

Sebagai komisi yang membidangi Pemerintah dan Hukum, Djufri mengaku belum mengetahui pasti adanya pemilihan Kades tandingan oleh masyarakat Tabadamai yang kontra terhadap Kades terpilih saat ini.

“Jika betul maka ini adalah reaksi politik dari masyarakat. Sehingga ini tinggal bagaimana Pemkab Halbar arif dan bijaksana menyelesaikan hal tersebut, bahan tidak boleh didiamkan. Karena tugas pemerintah itu untuk memediasi masalah, menfasilitasi dan menselesaikan masalah yang timbul di permukaan masyarakat,” ujarnya.

Disentil adanya penolakan Dana Desa (DD) tahun 2019 oleh masyarakat Tabadamai, politisi Partai Nasdem ini mengatakan jika memang demikian maka sangat rumit. Maka Pemkab Halbar harus mencari solusi penyelesaian secapatnya.

“Ini harus cepat dituntaskan dan jika ada langka hukum yang diambil oleh masyarakat, pemerintah jangan menghalangi. Biarkan masyarakat mencari keadilan dan silahkan saja berikan masyarakat SK pelantikan Kades itu,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut