Resmikan Pencanangan Zona Integritas, Bupati Harap Halsel Bebas Korupsi

  • Bagikan
Bupati Halsel, Bahrain Kasuba (Foto: Istimewa)

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba meresmikan pencanangan pembangunan zona integritas Pengadilan Agama Labuha, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dalam sambutannya Bahrain Kasuba menyampaikan pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan program yang sangat penting dan sudah dituangkan dalam peraturan Perundang-undangan sejak negara ini mulai beroperasi.

“Melalui zona integritas ini, beberapa instansi di daerah seperti Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri telah berkomitmen agar bisa terbebas dari hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas negara kita yaitu korupsi,”ungkap Bahrain, Senin (25/2/2019).

Bahrain berharap Pemerintah Daerah Halsel juga harus berkomitmen bebas dari korupsi untuk menuju WBBM.

“Mari kita saling berkomitmen dan mendukung untuk memenuhi hajat hidup orang banyak serta dapat menjaga stabilitas daerah ini, agar bisa menuai kebaikan-kebaikan, ketentraman dan kedamaian di negeri yang sama-sama kita cintai,” ujar Bahrain.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Agama Labuha, Muhtar Tayib menjelaskan bahwa pencanangan pembangunan zona integritas ini didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomot 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 yang menyebutkan bahwa di tahun 2019 ini. Diharapkan dapat mewujudkan kualitas penyelenggara pemerintahan yang baik, bersih dan bebas dari korupsi, pelayanan publik yang semakin maju dan mampu bersaing secara global, serta kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi makin baik.

Sementara itu, mewakili  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Malut Samsul Bahri selaku Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Malut menuturkan bahwa zona integritas merupakan kewajiban institusional pemerintahan.

“Maka seluruh badan peradilan baik peradilan hukum maupun agama wajib menetapkan atau membangun zona integritas,” pungkasnya.

Dirinya berharap dengan adanya pembangunan zona integritas ini dapat mewujudkan lembaga pemerintahan yang terbebas dari korupsi dan kolusi menuju birokrasi yang bersih dan melayani. Pencanangan pembangunan zona integritas ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan piagam zona integritas. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut