Pantau Kamtibmas Morotai, Kapolda Minta Masyarakat Serahkan Kasus Karnaval Merah Putih ke Polri

  • Bagikan
Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto melakukan pertemuan dengan Pemda dan Forkopimda Pulau Morotai membahas pengusutan kasus Karnaval Merah Putih (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Suroto mengunjungi Pulau Morotai, dalam rangka memantau langsung situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Pulau Morotai, pasca aksi protes Front Umat Islam Morotai Bersatu (FUIMB) atas pelaksanaan Karnaval Merah Putih.

Kedatangan Kapolda Brigjen Pol Suroto ini sekaligus melakukan pertemuan dengan Bupati Pulau Morotai Beny Laos dan Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda), guna membahas kegiatan yang dilaksankan Yayasan Barokah Surya Nusantara (YBSN) dan berujung pada aksi protes masyarakat yang tegabung dalam FUIMB.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto menyampaikan terima kasih kepada Forkopimda Pulau Morotai atas penyelesaian unjuk rasa yang terjadi kemarin dengan baik. Kapolda menyayangkan kegiatan Karnaval Merah Putih oleh YBSN sekaligus mengutuk keras kegiatan yang dilakukan yayasan tersebut.

“Saya berkunjung ke Pulau  Morotai hanya untuk memastikan situasi Kamtibmas di Kabupaten Pulau Morotai dan Alhamdulillah situasi sekarang ini berjalan dengan kondusif,” ungkap Suroto dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Rapat Polres Pulau Morotai, Selasa (26/2/2019) .

Jenderal bintang satu ini meminta masyarakat untuk menyerahkan permasalahn ini ke Kepolisian untuk diselesaikan melalui jalur hukum dari pada mengarahkan massa untuk demo. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Jangan sampai kita justeru menimbulkan masalah baru, karena dari awal kita mengharapkan agar masalah ini diproses sesuai hokum, sehingga jelas semuanya dapat terungkap,” ujarnya.

Suroto meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar memberikan kesempatan kepada Polri khususnya Polres Pulau Morotai untuk melakukan investigasi kasus Karnaval Merah Putih oleh YBSN tersebut.

“Untuk itu kami meminta agar situasi Kamtibmas harus dijaga dan berharap kesepakatan ini harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, sehingga bukan dikantor ini saja, tetapi masyarakat juga harus tahu,” pintanya.

Sementara itu, Ketua MUI Pulau Morotai,  Arsyad Haya pada kesempatan yang sama menyampaikan secara kelembagaan MUI siap bertanggungjawab atas aksi protes tersebut.

“Saya selaku Ketua MUI sebagai pengayom umat Islam di Pulau Morotai, apa yang terjadi kemarin yang dilakukan oleh umat Islam,  saya bertanggung jawab secara kelembagaan”, tandasnya.

Arsyad juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah mengamankan kegiatan aksi protes FUIMB, dan meminta maaf karena dalam aksi tersebut sedikit insiden letupan yang terjadi.

“Apa yang terjadi kemarin adalah tuntutan masyarakat yakni masyarakat merasa kecewa karena meminta kehadiran Bupati untuk memberikan klarifikasi dan juga motivasi kepada masyarakat, namun pak Bupati tidak bisa hadir,” terangnya.

Lebih lanjut Arsyad menambahkan bahwa hari ini akan memasukan laporan terkait apa yang telah terjadi dalam acara Karnaval Merah Putih di pantai Army Dock, dan akan terus memantau sampai ada proses hukum yang tepat.

Kepala Kemenag Pulau Morotai, Kubais Baba berharap agar masalah ini segera dituntaskan sesuai  dengan peraturan yang berlaku dan meminta kepada seluruh organisasi keagamaan di Pulau Morotai untuk mengawal proses penyelidikan yang dilakukan oleh Polres Pulau Morotai.

“Kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui masjid-masjid bahwa masalah ini sudah dilakukan penyelidikan, dan akan diselesaikan secara hukum oleh pihak kepolisian dengan harapan kami yakni meminta kepada aparat penegak hukum agar semua permasalahan hukum yang ada di Pulau Morotai harus diselesaikan, tegakan hukum dan keadilan di Pulau Morotai,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam pertemuan tersebut dihadiri juga Danlanud Leo Wattimena Kolonel Nav Arif Budhiyanto, Kasat Brimob Polda Malut Kombes Pol Budi Satrejo, Danlanal Morotai Letkol Laut ( P ) Kariadi Bangun ST. Hanla, Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P Sitanggang, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Roby Manuel yang mewakili Dandim 1508/Tobelo, Ketua FKUB Amirudin Ahmad, Sekda Morotai Muhamad Kharie, Kaban Kesbangpol Morotai Laohin Gorahe, Kasi Intel Kejari Asep Ridha Subekti dan sejumlah  tokoh agama yang tergabung dalam FUIMB. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut