Terima 110 Mahasiswa Kubermas, Pemda Halbar Harap Dapat Menunjang Pembangunan

  • Bagikan
Foto Bersama Assisten II Setda Halbar, Marcus Saleky yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan dan para mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) secara resmi menerima 110 mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) tahap ke II tahun Akademik 2018-2019 Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

Bupati Halbar Danny Missy yang diwakili Assisten II Marcus Saleky dalam sambutanya mengatakan, dengan adanya kehadiran para mahasiswa Kubermas di Halbar, diharapkan dapat membantu pembangunan di Halbar.

“Tentunya dengan kehadiran adik-adik mahasiswa Unkhair ini, diharapkan dapat membantu menunjang pembangunan dalam berbagai sektor di bumi Banau ini,” ungkap Marcus pada acara Penerimaan dan Pelepasan Mahasis Kubermas Unkhair Ternate di Aula Baikole Lantai II Kantor Bupati Halbar, Kamis (28/2/2019).

Lanjut Marcus, Kubermas merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk dan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Melalui kegiatan Kubermas ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing- masing, ” tuturnya.

Marcus menekan para mahasiswa yang nantinya akan berkecimpung dan berhadapan langsung dengan masyarakat, agar dalam pelaksanaan Kubermas ini hendaknya tidak keluar dari koridor aturan dengan senantiasa rambu yang telah ditetapkan oleh pihak kampus dan melakukan koordinasi dengan Muspika tempat pelaksanakan kegiatan.

Selanjutnya, Pemda melepaskan 110 Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate untuk disebarkan pada 3 kecamatan dan 11 desa, diantaranya Kecamatan Jailolo 5 desa, Kecamatan Sahu 3 Desa dan  Kecamatan Jailolo Selatan 3 Desa.

Dosen Pembimbing Lapangan Kecamatan Jailolo, Ridwan Lessi (Foto: Surahman/KabarMalut)

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kecamatan Jailolo, Ridwan Lessi saat dikonfirmasi KabarMalut,  mengatakan Kubermas kali ini akan diangkat dua tema besar yakni Pentaan Ekowisata dan Pengurangan Resiko Bencana. Selain itu, terdapat sub tema yakni Penataan Administrasi Desa, kemudian Pendidikan Formal dan Pendidikan Non Formal.

“Jadi mahasiswa ini kita kerahkan mereka bagaimana untuk mengedukasi masyarakat, terutama yang ada di desa-desa itu dalam hal membantu petaan keuangan desa,” kata Ridwan.

Ridwan juga berharap kepada mahasiswa Kubermas bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat di kampus, untuk mengembangkan pengetahuan, bekerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan potensi yang ada di desa.

“Seperti potensi ekowisata, kemudian mereka juga melatih masyarakat di sini bagaimana mengatasi bencana dan abrasi, saya juga berharap masyarakat membawa mereka dengan baik supaya ini berlanjut kedepan,” tandasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut