DPRD Desak Dinkes Halbar Segera Serahkan Dua Speed Boat Pusling

Redaksi
Anggota Fraksi Golkar DPRD Halbar, Samad Hi Moid (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – DPRD  Halmahera Barat (Halbar) mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) segera menyerahkan dua unit speed boat Puskesmas Keliling (Pusling) milik Puskesmas Sidangoli dan Puskesmas Kedi yang diadakan tahun 2018 silam. Sebah, hingga tahun anggaran usai, dua speed boat Pusling yang bersumber dari DAK 2018 dengan nilai Rp 2 miliar itu, hingga kini belum juga diserakan Dinkes sampai pada 2019.

“Seharusnya pada awal bulan kemarin atau akhir tahun 2018, dua unit speed boat Pusling itu sudah harus diserahkan ke Puskesmas yang diperuntukan. Jika belum diserahkan barang tersebut dikemanakan,” kata Anggota Fraksi Golkar DPRD Halbar, Samad Hi Moid kepada wartawan di gedung DPRD Halbar, Selasa (5/3/2019).

Samad mengaku heran dengan pernyataan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinkes Halbar, Suleman Hi Ahmad di media bahwa belum diserahkan Pusling karena mesin speed boat telah rusak.

“Inikan barang baru kok harus ada alasan PPK di pemberitaan media bahwa ada kerusakan mesin, aneh,” ujarnya.

PPK juga diminta menjelaskan secara detail masa waktu pekerjaan serta alasan keterlambatan penyerahan ke publik untuk diketahui.

Disisi lain, Koordinator Komisi III DPRD Halbar, Ibnu Saud Kadim mengatakan hasil konfirmasi dirinya terhadap PPK Dinkes Suleman Hi Ahmad, pengadaan dua unit speed boat tersebut ternyata masih berada di tempat pembuatan di Kelurahan Fitu Kota Ternate.

“Jadi PPK bilang ke saya belum bisa diserahkan. Karena barang (speed boat Pusling) masih ada di tempat pembuatan di Ternate,” katanya.

DPRD menilai proyek yang bersumber dari DAK 2018 itu terjadi keterlambatan pekerjaan, meski diklaim dikatakan proyek sudah 100 persen.

“Iya ini terlambat, nanti kami cari tahu masa waktu kerja dalam kontrak ke PPK. Sehingga bisa diketahui denda keterlambatan pekerjaan,” pungkas Ibnu. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut