Inspektorat Rekomendasi Mantan Kades Tuada Kebalikan Kerugiaan DD ke Kas Negara

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Setelah melakukan audit atas pekerjaan pembangunan homestay yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2017 sebesar Rp 200 juta. Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menemukan adanya indikasi korupsi pada anggaran homestay, sehingga merekomendasikan mantan Kepala Desa (Kades) Tuada Kecamatan Jailolo, Iksan Faruk segera melakukan pengembalian ke kas negara.

“Yang bersangkutan (mantan Kades) segera kembalikan agar supaya dana tersebut bisa melaksanakan pekerjaan yang tidak selesai itu. Untuk homestay Desa Tuada itu warga sudah pasti tahu karena ada di APBDes itu kurang lebih Rp 200 juta,” ungkap Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau kepada sejumlah wartawan, Senin (4/3/2019).

Julius mengaku dalam LHP pengelolaan DD tahun 2017 Desa Tuada, terdapat temuan pada anggaran pembangunan homestay dan berindikasi merugikan negara.

“Jadi materinya saya tidak bisa buka secara umum, yang pasti ini bermasalah dan ada temuanya,” katanya.

Menurutnya, dari tahun 2017 sampai  tahun 2018 hampir seluruh desa di Halbar pengelolaan DD-nya juga bermasalah. Masalah dimaksud, diantaranya tahapan perencanaan Pemerintah Desa tidak melibatkan stakeholder seperti BPD.

“Jadi titik perencanaan tidak dilibatkan (BPD) maka ini sudah bermasalah. Masalah Dana Desa itu ada tiga titik masalah, secara menyeluruh yang kita simpulkan, tetapi bukan semua desa yang punya problem yang sama seperti itu yang ada di tiga titik, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan,” cetusnya.

Mantan camat ini menambahkan, untuk laporan DD tidak ada regulasi yang mengatur, maka di tahun 2019 ini pihaknya sudah koordinasi dengan DPMPD untuk penyusunan Perbup tentang  Pedoman Dana Desa terkait item  yang menjadi prioritas.

“Jadi laporan realisasi Dana Desa itu disampaikan ke bupati via DPMPD dan tembusannya disampaikan ke Inspektorat, kalau ini sudah ada laporan masuk kita langsung bergerak turun,” tandas Julius. (Ajo)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut