Pangdam Pattimura Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kodim 1511/Weda

  • Whatsapp
Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq bersama Asisten 1 Hasbi Pora, Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, Bupati Halteng Edy Langkara, Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Makodim 1511/Weda (Foto: Penrem 152/Babullah)

WEDA – Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Makodim 1511/Weda yang dilaksanakan di Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Bupati Halteng, Edy Langkara menyampaikan pembangunan Makodim 1511/Weda sendiri didasari perkembangan Kabupaten Halteng yang semakin pesat, hal tersebut ditandai dengan adanya pabrik Stainless Steel terbesar di Asia Tenggara yang saat ini dalam proses pembangunan.

Muat Lebih

“Hal tersebut berimbas pada adanya pekerja WNA yang bekerja didalam tambang sehingga perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan dari unsur terkait khususnya TNI dan Polri sebagai pemangku tugas,” kata Edy dalam sambutanya, Selasa (5/3/2019).

Edy menjelaskan, kondisi geografis Halteng yang sangat luas, namun hanya memiliki satuan TNI pada 3 Koramil. Tentunya, hal tersebut sangatlah timpang dengan wilayah tanggung jawab yang ada.

Sedangkan kunci suksesnya pembangunan daerah dimulai dari keamanan wilayah sehingga Pemerintah Kabupaten Halteng telah mengalokasikan anggaran Rp 8 miliar untuk pembangunan Makodim diatas lahan seluas 4 Ha, serta target pembangunan selama 1 tahun.

“Kami mengharapkan tahun depan Kodim 1511/Weda dapat diresmikan disertai dengan pemenuhan personel atau organisasinya,” harapnya.

Sementara itu, Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambutannya mengaku selaku Panglima Kodam dan pribadi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan seluruh stakeholder jajaran Halteng, atas dukungan serta antusiasnya untuk menghadirkan satuan jajaran TNI-AD di Halteng. Salah satu buktinya adalah peletakan batu pertama pembangunan Makodim 1511/Weda.

“hal ini merupakan tonggak awal pembangunan satuan kewilayahan dalam rangka peningkatan kekuatan teritorial khususnya di wilayah Kabupaten Halmahera Tengah. Untuk itu, setelah dari sini saya akan melaporkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat untuk dapat direncanakan pemenuhan organisasi serta pembentukan satuan Kodim 1511/Weda,” singkat Marga.

Perlu diketahui, dalam peletakan batu pertama tersebut Pangdam didampingi Asisten I Setda Malut Hasbi Pora, Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito dan Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina, Kapolres Halteng AKBP Andri serta Forkopimda Halteng. (Ajo)

Pos terkait