Sidak RSUD, Bupati Kepsul Temukan Dua Balita Gizi Buruk

  • Bagikan
Bupati Kepsul, Hendrata Thes menemui balita gizi buruk saat Sidak di RSUD Sanana (Foto: Ilham/KabarMalut)

SANANA – Bupati Kepulauan Sula, (Kepsul) Hendrata Thes menemukan adanya dua kasus gizi buruk di wilayahnya, saat melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Sanana, Jumat (8/3/2019).

Kedua balita gizi buruk yakni Rafka Al-Katiri berusia 5 bulan, asal Desa Ona Kecamatan Kecamatan Sulabesi Barat dan Surahman Soamole berusia 10 bulan yang berasa dari Desa Waiman Kecamatan Sulabesi Tengah. Keduanya telah perawatan di RSUD Sana masing-masing 3 dan 23 hari.

Bupati Kepsul Hendra Thes kemudian menanyakan ibu kedua pasien terkait asal desa, serta langsung menginstruksikan Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk segara memanggil kedua Kepala Desa (Kades) asal pasien.

“Saya sudah minta Kadis PMD untuk segera memanggil kedua kades, terutama Kades Waiman,  karena sebelumnya juga  anak yang mengalami  gizi buruk sudah cukup banyak juga,” kata Hendrata saat diwawancarai wartawan.

Pemerintah Kabupaten Kepsul berkominmen memberantas kasus gizi buruk dengan melibatkan seluruh stakeholder dan para Kades. Bahkan Bupati  Hendrata Thes telah berulang-ulang kali mengingatkan kepada Kades terkaitpersoalan berantas gizi buruk di Kepsul.

“Saya sudah inggatkan berulang-ulang kali untuk dapat menperhatikan, kemudian membantu memberantas kasus gizi buruk ini,” kata tegas Hendrta.

Namun masih saja terjadi kasus gizi, bahkan para Kades tidak melaporkan ke instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut. Kasus gizi buruk sendiri, diakibatkan pola hidup masyarakat atas minimnya memenuhi kebutuhan gizi anak.

“Gizi buruk ini terjadi atau dialami oleh anak akibat pola hidup masyarakat,” tutup Hendrata. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut