Bea Cukai Ternate Permuda Dokumen Ekspor SKPT Pulau Morotai

  • Bagikan
Kepala Bea Cukai Ternate, Musafak (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Dalam rangka meningkatkan volume ekspor di bidang perikanan, Bea Cukai Ternate mendukung Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) Pulau Morotai dengan memberikan kemudahan dalam layanan proses ekspor dari pembuatan dokumen ekspor barang hingga proses ekspor berjalan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bea Cukai Ternate, Musafak yang ditemui Kabar Malut pada kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2019 di Pulau Morotai, Senin (18/3/2019).

Musafak menyebutkan bahwa Bea Cukai Ternate selalu mendukung para pelaku usaha, terlebih kegiatan ekspor dengan memberikan pelayanan terbaik dan cepat dengan memberikan izin ekspor di luar kawasan dengan mengutus dua orang petugas dari Bea Cukai.

“Saya selalu mengutus 2 orang pegawai Bea Cukai setiap ada kegiatan ekspor di luar Kota Ternate dengan memberikan waktu  2 hingga 3 hari dalam menyelesaikan  proses ekspor,” tandasya.

Semua kegiatan eskpor harus melalui persetujuan Bea Cukai dengan terlebih dahulu membuat Dokumen Ekspor Barang, karena sebelum melakukan ekspor harus ada izin ekspor di luar kawasan melalui Bea Cukai Ternate. Kemudian akan dikirimkan petugas ke lokasi ekspor selama proses ekspor.

Musafak menambahkan bahwa bahwa saat ini para pelaku usaha yang ingin mengekspor tidak perlu bersusah payah datang ke kantor Bea Cukai Ternate, karena saat ini layanan Bea Cukai Ternate lebih dekat dan terbuka dengan masyarakat khusunya pelaku usaha.

“Jadi setelah itu dibuatkan rilis persetujuan ekspor, jadi tidak perlu ke Ternate lagi, tapi langsung ke Surabaya nanti dari Surabaya hanya pindah kapal saja karena kapal yang dari Morotai hanya kapal lokal tidak ada kapal internasional,” jelasnya.

Musafak juga menegaskan bahwa Ekspor tidak akan berjalan tanpa persetujuan dokumen dari Bea Cukai Ternate. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut