BP3D Halbar Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RKPD 2020

  • Bagikan
Suasana Konsultasi Publik yang berlangsung di ruang rapat kantor BP3D Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Setelah melaksanakan Musyawara Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menggelar kegiatan Kunsultasi Publik, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020. Kegiatan yang dihadiri pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halbar, unsur akademisi, Camat, APDESI dan pendamping desa.

Kepala BP3D Halbar, Soni Balatjai mengaku Konsultasi Publik dilakukan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017, tentang Perencanaan. Karena setelah pelaksanaan Murembang Kecamatan, maka harus dilakukan Konsultasi Publik untuk penyusunan RKPD tahun 2020.

“Konsultasi Publik dilakukan untuk memboboti RKPD terhadap program prioritas daerah,” ungkap Soni dikonfirmasi KabarMalut usai kegiatan di Kantor BP3D Halbar, Selasa (19/3/2019).

Soni menjelaskan, pembahasan awal terdapat 9 program priotas daerah dan diakhir pembahasan langsung disepakati  serta ditandatangani oleh peserta yang hadir dalam kegiatan Konsultasi Publik.

“Setelah kegiatan Konsultasi Publik, besok dilanjutkan dengan agenda forum gabungan SKPD. Dalam forum SKPD akan dibahas tentang penajaman usulan program dari kecamatan yang disinkronisasi dengan Rencana Kerja (Renja) SKPD yang telah disepakti dalam rencana awal SKPD,” jelasnya.

Direncanakan, Senin (25/3) pekan depan, semua hasil pembahasan dibawah ke Musrembang Kabupaten, untuk mensinkronkan program kabupaten, provinsi dan Kementerian.

“Setelah Musrembang kabupaten, langsung dilakukan finalisasi RKPD tahun 2020,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut