Ekspor Sektor Perikanan Malut Meningkat

  • Bagikan
Kepala Kanwil DJBC Maluku dan Malut, Finari Manan (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Ekspor sektor perikanan yang ada di Maluku Utara (Malut) terus meningkat jika dibandingkat dengan tahun sebelumnya. Terhitung sejak bulan Oktober 2017 hingga saat ini, Bea Cukai Ternate mencatat sudah 23 dokumen ekspor yang dilakukan di Malut.

“Sejak bulan Oktober 2017 hingga saat ini, Bea Cukai sudah melakukan ekspor yang cukup signifikan, artinya ini merupakan keseriusan dari Bea Cukai dalam mendorong kegiatan ekspor langsung dari Maluku Utara,” ungkap Kepala Kanwil DJBC Maluku dan Malut, Finari Manan kepada KabarMalut, Rabu (20/3/2019).

Finari juga menyebutkan untuk sektor perikanan tercatat 2 juta USD lebih meningkat dibandingkan tahun 2017 yang hanya 120 ribu USD. Hal ini merupakan kemajuan yang signifikan di Malut.

Sementara Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malut, Dwi Tugas Waluyanto mengaku BI mendukung penuh ekspor di Malut dan siap mendorong perekonomian Malut baik dari sektor perikanan, pertanian maupun perkebunan.

“Kami Bank Indonesia selalu siap mendukung dan mensuport serta meningkatka sinergi, kolaborasi dan koordinasi dengan instansi terkait dengan kesepahaman bersama menjadikan sesuatu yang strategis serta mempercepat dan memperluas ekspor di Malut,” tutur Dwi.

Tidak hanya di sektor perikanan, perkebunan dan pertanian, kedepan Bea cukai dan BI berencana meningkatkan pariwisata yang ada di Malut, bagi Dwi, Pariwisata di Malut memiliki banyak potensi dalam meningkatkan devisa negara terutama Malut sendiri. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut