108 Pengawas TPS Kecamatan Jailolo Dilantik

  • Bagikan
Suasana pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Jailolo (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Sebanyak  108 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 34 Desa se- Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) resmi dilantik,  sekaligus mengikuti pelatihan yang berlangsung di Gedung Kantor Camat Jailolo, Minggu (24/3/2019).

Ketua Panwascam Kecamatan Jailolo, M Iswan Hasan mengatakan para Pengawas TPS dilantik sesuai aturan karena tugas Pangawas sangat berat untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu di TPS-TPS.

“Para Pengawas TPS harus bersikap netral dan tidak boleh memihak kepada golongan tertentu dan mampu bekerja sungguh-sungguh sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas, agar penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan legislatif dan DPD harus berjalan dengan sukses dan dapat terpilih sesuai pilihan rakyat,” kata Iswan.

Sementara, Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa Pangawas TPS yang sudah dilantik ini, bakal bersama-sama dengan masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mengawasi Pemilu 2019.

“Jadi keseriusan dan profesionalitas Pangawas TPS itu harus menjadi tongkat untuk mensukseskan Pemilu 2019, ” ungkapnya.

Lanjutnya,  tugas Pangawas  TPS tidak mudah karena harus mampu mengawasi segala aspek dalam setiap tahapan pemilihan. Maka diharapkan bisa bekerja secara sinergi diantara penyelenggara, sehingga Pemilu di 2019 bisa terlaksana sesuai amanat UU dan keinginan kita semua.

“Pengawas TPS sebagai ujung tombak pengawasan, dengan adanya Pengawas TPS mampu meminimalisir potensi pelanggaran yang berada di TPS, sehingga tercipta Pemilu yang bermartabat sesuai dengan asas- asas Pemilu itu sendiri,” tandas Alwi

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Halbar, Kapolsek Jailolo, Danramil Jailolo,  Perwakilan Camat Jailolo, Ketua PPK Jailolo dan komisioner serta staf  Panwascam Jailolo. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut