Diajak Kenalan Perempuan, Pelaku Curanmor Berhasil Dibekuk Polisi

Yasim Mujair
Kapolsek Ternate Utara, IPTU Ambo Wellang bersama dua pelaku pencurian sepeda motor dan televisi (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Salah satu pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) berinisial BA, yang sering beroperasi Kota Ternate, berhasil dibekuk aparat Kepolisian dari Polsek Ternate Utara, Sabtu (23/3) lalu. Cara yang dilakukan Polisi untuk menangkap pelaku sedikit berbeda dengan biasanya, yakni diajak bekenalan dengan seorang perempuan dan ingin bertemu secara langsung.

Kapolsek Ternate Utara, IPTU Ambo Wellang menunturkan, penangkapan pelaku Curanmor ini berawal dari informasi masyarakat, bahwa ada seorang warga di Kelurahan Kampung Makassar yang sepeda motornya dipinjam pelaku tetapi tidak dikembalikan dan dibawah kabur.

“Setelah menerima informasi kami langsung kembangkan dan salah satu anggota kami pancing melalui akun Fecebook bahwa ada perempuan yang mau ajak kenalan, tak lama kemudian tersangka tersebut datang dan kami langsung bekuk di Kelurahan Bastiong,” kata Ambo kepada KabarMalut, Senin (25/3/2019).

Dalam penangkapan, lanjut Ambo, pelaku sempat melakukan perlawanan sehingga terjadi perkelahian dengan petugas. Namun berhasil dilumpuhkan oleh anggota dan langsung digiring ke Polsek Ternate Utara.

“Sempat melakukan perkelahian tersangka dan anggota kami,” jelasnya.

Hasil introgasi Polisi, Pelaku diketahui sudah beberapa kali melakukan Curanmor dan hasil pencurian dibawa ke Halmahera dan dijual. Polisi akan menyita barang bukti hasil sepeda motor yang telah dijual.

“Untuk sementara 3 motor ada di wilayah Halmahera kami belum sempat amankan, mungkin beberapa hari kedepan kami ke Halmahera untuk mengamankan motor tersebut. Pelaku ini bukan hanya mencuri motor tetapi dia juga mencuri laptop dan HP, mungkin besok kami ke rumah tersangka untuk mengambil barang bukti,” ucapnya.

Selain itu, jajaran Polsek Ternate Utara juga mengamankan SA yang diduga mencuri televisi bertempat di pangkalan ojek di Kelurahan Akehuda Kecamatan Terante Utara. Tersangka mencuri televisi, kemudian dibawa ke kamar kost.

“Setelah kami mendegar informasi dari masyarakat kami langsung menuju kos-kosan, sampainya di kostan ternyata televisi tersebut sudah berada di atas meja, kami langsung bekuk pelaku kemudian dibawah ke Polsek dan intorogasi. Ternyata pelaku tersebut mahasiswa sementer 6,” terangnya.

Barang bukti yang di amankan Polsek Ternate Utara untuk tersangka BA dan SA yakni dua sepeda motor, diantaranya motor Yamaha Mio, motor Kawasaki treker dan televisi.

“Untuk pelaku pencurian motor dikenakan pasal 363 KUHP. Kemudian pelaku pencurian televisi dikenakan pasal 362 ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut