Pelunasan BPIH CJH Halbar Capai 70 Persen

  • Bagikan
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Halbar, Fahria Usman (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Kuota haji tahun 2019 untuk Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) sebanyak 68 orang. Dari angka tersebut, tercatat sebanyak 47 Calon Jamaah Haji (CJH) telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

untuk jamaah haji  Kabupaten Halmahera Barat (Halbar)  pada tahap ke I  sudah 47 orang. 21 belum

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Halbar, Faharia Usman mengaku CJH yang sudah melunasi BPIH telah mencapai 47 orang dan kuota 68 orang. Sisanya 21 orang bakal menyusul setelah melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Untuk Halbar sudah pelunasan sekitar 47 orang dari total CJH kuota 68 orang atau presentasinya sudah mencapai 70 persen. Mungkin kita (Halbar) yang pertama, karena untuk pelunasan harus ada surat istithaah,” kata Fahria kepada KabarMalut di ruang kerjanya, Selasa (26/3/1019).

Sesuai Keppres nomor 8 tahun 2019, pelunasan BPIH dilakukan dua tahap yakni pertama dimulai pada tanggal 19 Maret-15 April 2019 dan tahap kedua 30 April-10 Mei 2019 mendatang untuk ONH Rp 39.207.741.00. Sementara dari sisi kesehatan, para CJH Halbar dinyatakan sehat dan memenuhi syarat.

“Alhamdulillah setelah diperiksa semua dinyatakan sehat dan berhak untuk melunasi BPIH karena persyaratannya harus ada surat istithaah dari Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Setelah tahapan pemerikasaan kesehatan, Dinas Kesehatan mengeluarkan surat pernyataan istithaah yang selanjutnya diteruskan ke bank untuk dilakukan pelunasan BPIH oleh CJH. Dari seluruh kabupaten/kota di Malut, Halbar lebih terkemuka progres pelunasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut