DPRD Minta Bupati Halbar Tak Ikutkan Kadinkes dalam Lelang Jabatan

  • Bagikan
Kantor DPRD Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mendesak Bupati Halbar Danny Missy agar tidak mengikutsertakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rosfintje Kalinget dalam lelang jabatan yang sedang berlangsung saat ini.

Permintaan ini mencuat, lantaran Kadinkes Halbar tidak menghadiri undangan rapat lintas Komisi I, II dan III dengan Dinkes, untuk membahas sejumlah persoalan yang dianggap penting oleh DPRD. Diantaranya, laporan realisasi fisik dan realisasi dana pengadaan speed boat Puskesmas Kedi dan Puskesmas Jailolo Selatan tahun anggaran 2018, laporan realisasi kegiatan dan realisasi pencarian Dana Bagi Hasil pajak rokok tahun anggaran 2018 dan rencana kerja Dana Insentif Daerah (DID) di bidang kesehatan tahun anggaran 2019.

“DPRD meminta Bupati untuk mengevaluasi Kadinkes dan tidak bisa dikutkan dalam asesmen lelang jabatan. Karena ini persoalan serius, jadi hari ini kami (DPRD) melakukan rapat lintas komisi bersama dengan Kadinkes Halbar, namun Kadis tak hadir dengan alasan sibuk agenda kunjungan Menteri Kesehatan,” tegas anggota Komisi III DPRD Halbar, Mahdin Husen kepada wartawan, Rabu (27/3/2019).

Dalam catatan DPRD, Kadinkes Halbar sudah empat kali tidak hadiri undangan panggilan DPRD untuk rapat. Kepala SKPD seperti ini (Kadinkes) dinilai tidak bisa bekerja sama dengan DPRD.

“Saya tegaskan ini persoalan serius dan sebagai lembaga keterwakilan rakyat sangat tersinggung. Sehingga Bupati harus tak boleh memakai pejabat seperti ini,” harapnya.

Meski undangan DPRD bersifat penting, Kadinkes lebih memilih sibuk mengatur agenda kunjungan menteri dari pada hadir undangan DPRD.

“Jika permasalahan ini tidak ada apa, harus hadir, bukan lebih memilih hiraukan panggilan dan ini bisa-bisa berunjuk dengan pemberian rekomendasi hukum,” pungkasnya.

Terpisah, Kadinkes Halbar Rosfintje Kalinget saat dikonfirmasi melalui telpon serta pesan singkat, tidak merespon hingga berita ini naik tayang. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut