Sindikat Pencuri Ternak Ditangkap TNI

  • Bagikan
Serda La Ardi bersama tiga Pelaku Pencurian Ternak yang diamankan bersama barang bukti (Foto: Istimewa)

LABUHA –  Sindikat pencurian hewan ternak berupa Sapi yang selama ini meresahkan masyarakat Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), akhirnya berhasil ditangkap aparat TNI-AD dari Koramil 1509-01/Bacan.

Penangkapan ini berawal dari informasi Kepala Desa Kubung, Hidayat Abdullah bahwa ada sekelompok pencuri Sapi dengan menggunakan mobil Toyota Avanza nomor Polisi DD 1007 HJ, sedang bereaksi di Desa Kubung dan menuju arah Labuha.

“Atas informasi tersebut saya, Serda Efendi Tuhuteru, Kopda Anto Halim dan Praka Nafri bergerak cepat dan berhasil mencegat mobil yang diinformasikan oleh Kepala Desa Kubung,” kata Babinsa Kubung Koramil 1509-01/Bacan, Serda La Ardi kepada wartawan, Kamis (28/3/2019).

Sambung Ardi, setelah berhasil mencegat mobil Toyota Avanza tersebut, kemudian pihaknya melakukan pemeriksaan isi kendaraan, sopir serta para penumpang di dalamnya. Dari hasil pemeriksaan ditemukan daging Sapi hasil curian yang siap edar di pasaran.

“Kami mendapatkan barang bukti Sapi yang telah terpotong dan siap dipasarkan,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan itu, kata La Ardin pihaknya langsung mengamankan ketiga pelaku pencurian yakni Fahri alias FP (23) Darwis alias DR (40) dan Harun aliasi HL (16) bersama barang bukti berupa, satu unit mobil Toyota Avanza, dua ekor Sapi siap untuk dipasarkan, handphone dan dompet.

Selanjutnya, ketiga pelaku bersama barang bukti diserahkan ke pihak Kepolisian untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Kemudian untuk proses hukum selanjutnya pelaku telah diserahkan dan diamankan ke Polsek Bacan,” pungkasnya.

Atas penangkapan itu, masyarakat Desa Kubung yang telah merasakan dirugikan oleh para pencuri pun berterima kasih kepada Babinsa Kubung dan anggota Koramil 1509-01/Bacan yang telah membantu menangkap sindikat pencurian ternak yang telah meresahkan masyarakat.

Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf Imam Khanafi mengapresiasi Babinsa Kubung Serda La Ardin beserta anggota Koramil 1509-01/Bacan yang berhasil menangkap sindikat Pencurian Ternak.

Terpisah, Kapolsek Bacan AKP Ratno dikonfirmasi membenarkan bawa Babinsa Kubung dan anggota Koramil 1509-01/Bacan telah menangkap tiga pelaku pencuri hewan ternak yakni dua ekor sapi.

“Ia benar, sekarang sedang ditangani oleh anggota saya. Ketiga pelaku diancam hukuman kurungan di atas 5 tahun penjara,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut