Gelar Rakor, Bawaslu Halsel Ingatkan Atribut Partai Lain

  • Bagikan
Rapat Koordinasi Bawaslu Halsel dan Peserta Pemilu (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Menghadapi kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pengawasan Kampanye Rapat Umum pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan Hubungan Antara Lembaga (PHL) Bawaslu Halbar, Rais Kahar mengatakan terkait dengan Rakor Persiapan Kampanye yang digelar pihaknya itu, sudah jelas diatur dalam PKPU nomor 5 tentang tahapan dan program yang kemudian teknis pelaksanaan diatur dalam PKPU nomor 3 perubahan nomor 33.

“Prinsipnya adalah kami menyiapkan kembali seluruh peserta Pemilu untuk melaksanakan kampanye,” kata Rais ketika diwawancarai, Jumat (29/3/2019).

Menurut Rais, ada mekanisme yang harus ditaati atau rambu-rambu yang diatur dalam PKPU tersebut, yang mana pada rapat umum di Maluku Utara (Malut) sering dikenal rapat akbar itu proses pelaksanaannya itu dimulai dari pukul 09:00-18:00 WIT.

“Hal ini berbeda dengan rapat terbatas atau pertemuan terbatas kampanye. Oleh karena itu kegiatan ini dalam rangka mengingatkan kembali kepada seluruh peserta Pemilu untuk mematuhi hal seperti itu,” ungka Rais.

Selanjutnya kata Rais, kebiasaan masyarakat Malut dan khususnya Halsel melakukan  konvoi pada saat kampanye yaitu menggunakan kendaraan roda dua, hal tersebut diperbolehkan tetapi harus ada izin dari pihak kepolisian setempat dalam rangka menjaga hal-hal tidak inginkan bersama.

“Tehnisnya yang keterkaitan dengan mengetahui ketentuan-ketentuan salah satunya adalah pada saat pelaksanaan rapat umum atau kampanye akbar itu tidak ada simbol atau bendera lain, selain bendera peserta itu, yang melelahkan itu harus dipenuhi karena jelas diatur dalam ketentuan PKPU dan Perbawaslu,” ucapnnya.

Rambu-rambu yang dimaksudkan yaitu peserta Pemilu harus menghindari atribut partai, misalkan bendera, yel yel dan baliho serta spanduk-spanduk partai lain yang diluar dari partai yang sedang melakukan kampanye.

Dalam kesempatan itu, anggota KPU Halsel Darmin Hi Hasim menyampaikan penetapan lokasi kampanye rapat umum pada Pemilu tahun 2019, sesuai keputusan KPU Halsel nomor 08/PL.01.5-Kpt/8204/KPU-Kab/III/2019. Dalam keputusannya menetapkan lima lokasi yakni, Lapangan Samargalila Desa Labuha Kecamatan Bacan, Lapangan sepakbola Babang Kecamatan Bacan Timur, Swering Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan, lapangan sepak bola Desa Lawui dan lapangan sepak bola Desa Saketa Kecamatan Gane Barat.

“Lima titik itu mejadi tempat kampanye rapat umum pada Pemilihan Umum 2019,” singkat Darmin. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut