Dubes AS Gelar Peringantan 70 Tahun Kerja Sama AS-Indonesia di Morotai

  • Bagikan
Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr (batik ungu) didampingi staf Kedubes AS, Wakil Gubernur Malut Natsir Thaib dan Bupati Pulau Morotai Benni Laos saat melakukan Konfrensi Pers di aula Kantor Bupati Pulau Morotai (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Duta Besar (Dubesr) AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr menggelar sukuran Peringantan 70 tahun Kerja Sama Pemerintah AS dengan Indonesia dalam sektor Kelautan dan Perikanan, yang berlangsung di Kabupaten Pulau Morotai.

Syukuran yang dihadiri Wakil Gubernur Malut M Natsir Thaib, Bupati Pulau Morotai Benny Laos dan seluruh staf jajaran bersama TNI/Polri, dengan mengusung tema ‘Mari Lindungi Ekosistem Laut dan Perikanan Berkelanjutan untuk Kesejahtraan Nelayan dan Masyarakat Pesisir’ berlangsung di aula kantor Bupati Pulau Morotai,  Selasa (2/4/2019).

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr menyampaikan bahwa AS memiliki rekan bijak yang kokoh dan kuat di Indonesia, terutama di bidang kerja sama maritim. Permintaan AS melalui USAID telah mendukung upaya memajukan pengelolahan dari area laut dan pesisir selama lebih dari 30 tahun, sehingga ini bisa terlihat dari kolaborasi AS dan Indonesia yang ada di Malut khususnya di Pulau Morotai.

“Yang kami lakukan dalam kemitraan ini adalah memberikan bantuan-bantuan teknis di bidang pemetaan atau metode penangkapan ikan yang berkelanjutan dan juga konservasi-konservasi yang menjamin ekonomi bagi mata pencarian penduduk setempat,” ucap Joseph dalam Konfrensi Pers.

Josep mengaku AS dan Indonesia akan bekerjasama dalam bidang apapun, hal ini dikarenakan Indonesia  memiliki perairan yang luas dan banyak pulau. Untuk itu area maritim merupakan prioritas yang utama dalam kerja sama ini.

“Kami sudah melakukan diskusi dengan Menteri Enggar (Enggartiasto Lukita) untuk meningkatkan perdagangan antara Indonesia dan AS, baik perdagangan ekspor Indonesia ke AS maupun Impor AS ke Indonesia. Intinya kita lebih tingkatkan hubungan perdagangan antara dua negara ini,” jelasnya.

Keberhasilan Indonesia sangatlah penting bagi AS, maka sangat penting pula dilakukan kerja sama di bidang apapun. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut