KPU Halbar Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara

  • Bagikan
Bimtek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 yang dilakukan KPU Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Halbar. Selain Bimtek, KPU juga menggelar Simulasi Perhitungan Suara Pemilu 2019 yang dipusatkan di Villa Gaba Desa Goemadu, Kecamatan Jailolo, Rabu, (03/4/2019).

Turut hadir Ketua KPU Halbar Abjan Raja, Komisioner KPU, Iwan Hi Kader, Ramla Hasym, Abner Saban serta staf Sekertariat KPU Halbar.

Devisi Teknis KPU Halbar, Iwan Hi Kader mengaku Bimpek ini bertujuan agar PPK dapat lebih faham mengenai tata cara Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu yang bakal berlangsung 17 April mendatang.

Pemilu 2019 berbeda dengan pemilihan 2014, karena Pemilu tahun ini diadakan serentak dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Para pemilih akan diberikan 5 jenis surat suara dengan warna yang berbeda-beda, yaitu suara suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Saya berharap dengan diadakannya Bimtek ini, PPK dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang diharapkan,” kata Iwan.

Begitu juga Ketua KPU Halbar, Abjan Raja mengharapkan kepada seluruh anggota PPK saat mengikuti Bimtek agar menyerap materi Bimtek dengan baik. Sehingga ketika PPK memberikan Bimtek di KPPS mampu menjelaskan seperti apa yang didapat di Bimtek.

“Saya ingatkan kepada teman-teman PPK dapat memastikan dan memperhatikan Form C6 dalam pengisian nama-nama pemilih di TPS. Karena ketika ada sengketa, C6 inilah sangat penting untuk dibuktikan dalam persidangan nanti,” pungkasny. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut