Pemda Pulau Morotai Gelar Pelatihan Pengurus Bumdes Tahun 2019

  • Bagikan
Pelatihan pengurus BUMDes yang digelar Pemda Kab. Pulau Morotai, di Aula Kantor Bupati, Selasa (23/4/2019). (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai gelar Pelatihan bagi Para Pengurus Bumdes Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2019. Pelatihan berlangsung di Aula Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Selasa (23/4/2019) dengan menyusung tema “Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Administrasi dan Keuangan Bumdes”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Pulau Morotai yang diwakili Asisten III Bidang Ekonomi dan Kesra Sekretariat Daerah Ida R. A Arsyad, Camat dan kepala desa se-Kabupaten Pulau Morotai, Para Tenaga Ahli BUMDes, serta Pengurus BUMDes Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2019.

Melalui penyampaian laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Ikbal Assegaf, menyebutkan bahwa Pelatihan Pengurus BUMDes untuk memberi pemahaman tentang bagaimana cara dalam pengelolaan BUMDes dan pelaksanaannya di Kabupaten Pulau Morotai.

“Tujuannya adalah menstabilkan Harga-harga Sembako yakni menuju Morotai 1 harga dan Mutu Koperasi didirikan sesuai kebutuhan potensi desa sehingga kita diberi pemahaman tentang bagaimana dalam Pelaksanaan Kegiatan, Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes”,ucapnya.

Sehingga ia berharap ini menjadi momentum bersama untuk membangun Roda Perekonomian di desa sehingga dapat mensejahterakan Masyarakat Pulau Morotai di 5 Kecamatan dan di 88 Desa.

Sementara sambutan Bupati Pulau Morotai yang diwakili Asisten III Ida Arsyad menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa berupaya mendorong pemberdayaan desa melalui Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, dalam rangka mengembangkan potensi dan kreatifitas masyarakat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui Lembaga Ekonomi di desa Yakni Badan Usaha Milik Desa dan Koperasi berdasarkan Perbub no 41 tahun 2018.

“saya sampaikan kepada Kepala Desa yang sempat hadir dalam acara ini, kiranya dapat melaksanakan fungsi-fungsi manejemen dalam rangka memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat melalui kedua Lembaga Ekonomi tersebut”, tandasnya.

Dengan hadirnya Bumdes ini, Bupati berharap ini dapat menjadi instrumen baru dalam mendorong ekonomi dan otonomi desa untuk peningkatan produksi dan investasi serta Pendapatan Asli Desa (PADDES) sekaligus memberi kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus menambah pengetahuan dan memberikan gambaran tentang berbagai gagasan terkait teknis pengembangan, pengelolaan dan manajemen usaha kedua lembaga tersebut.

BUMDES merupakan Usaha Desa Milik Kolektif yang digerakkan secara bersamaan antara pemerintah desa dengan masyarakat, pengelolaan yang baik dapat memberikan kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah desa.

Sumber Pembiayaan Kegiatan Pelatihan BUMDes Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2019 adalah bersumber pada APBD Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2019. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut