Diduga Bersekongkol Dengan Caleg PKS, PSI Halsel Ancam Lapor PPK dan Panwascam Kasiruta Barat

  • Bagikan
Ketua DPD PSI Halsel, Adnan Wahid ketika beradu argumen di Pleno KPU Halsel (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengancam melaporkan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Kasiruta Barat, Panwascam dan salah satu oknum caleg dari PKS ke Bawaslu Halsel. Langka ini diambil karena ada dugaan persekongkolan yang dilakukan lembaga penyelenggara dan pengawas di tingkat kecamatan dengan Caleg PKS pada saat pungut hitung di tanggal 17 April lalu di Desa Arumamang.

“Problemnya itu pelanggaran sistemik yang dilakukan oleh teman-teman PPK dengan salah satu caleg dari partai PKS di Desa Arumamang,” kata Ketua DPD PSI Halsel, Adnan Wahid dalam Pleno KPU Halsel di aula Hotel Buana Lipu, Senin (29/4/2019).

Adnan menjelaskan, di Desa Arumamang itu ada dua Caleg yaitu dari PSI Imran Toku dan PKS Rustam Side. Dalam proses pungut hitung itu ada dugaan  terjadi persengkongol antara salah satu oknum PPK Kasiruta Barat, Panwascam dan PPS serta KPPS untuk memenangkan caleg dari PKS yakni Rustam Side.

“Mereka melakukan penzaliman terhadap Caleg lain yang memiliki suara di Desa Arumamang salah satu Caleg yang dicurangi itu adalah Caleg dari PSI, Imran Toku,” ungkap Adnan.

Dua alasan kata Adnan, yaitu masalah ini diproses secara pidana Pemilu dan administrasi. Harapannya agar oknum PKK dan Panwascam ini dinonaktifkan untuk tidak lagi direkrut  menjadi penyelenggara di dalam pemilihan di tahun yang akan datang.

Besok lanjut Adnan, PSI melaporkan atas nama partai politik terkait kasus Arumamang. Selain itu, meminta form keberatan baik di kecamatan maupun di kabupaten dalam rangka meneruskan proses ini di satu tingkat di atasnya baik itu di KPU provinsi maupun di MK.

“Saya akan proses Caleg di Arumamang itu dan pihak PPK dan Panwascam. Insya Allah besok PSI akan masukan laporan ke Bawaslu secara tertulis,” pungkas mantan anggota Panwaslu Halsel ini. (Ajo)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut